motivasi

ALASAN WAKTU ITU HARUS DIPERHATIKAN MESKI TAK TERLIHAT

22.21

Rabu 24 Agustus 2016 05.53


waktu adalah


                —wah, tulisan pertama nih  , welcome di blog kita! 

Hmph, sebenernya postingan ini lawas, sedikit direvisi dikit (sudah kayak skripsi  aje) biar enak dibaca dan juga karena alasan mendasar: alamat blog  yang berganti. Pas nih judulnya, waktu, karena waktu juga blog gua bisa berubah.

Udah ah, langsung jebret aja tulisan gua dan post pertama di blog baru gua ini.

...


Minggu 08 Desember 2013

Assalamu’alaikum WW

Setelah lama tidak update ini blog, saat memeriksa blog ini sudah banyak hal aneh terlihat. Banyak mayat tikus , kecoa lajang yang mati, pecahan telur gajah, dan fosil iguana. Aku mulai menghitung berapa lama  aku tak buka blog ini . Akhir-akhir ini jadwalku padat banget. Terpaksa aku bersih-bersih dulu di hari Senin.

                 —so sibuk banget 

Sekarang aku hanya mau bagi-bagi cerita tentang waktu. Yah... waktu itu aku gak tau waktu itu apa, dan akhirnya seiring berjalannya waktu aku pun menyadari waktu adalah waktu-waktu yang mewaktukan

                 —mulai ngaco nih 

 ...


Waktu  kadang terasa cepat, kadang lambat. Hari ini aku abis UAS, yah.. bagiku waktu sedang cepat-cepatnya. Jatah SMAku  cuma 1 semester lagi. Biasanya abis UAS pasti liburan, apalagi akhir tahun. Waktu berjalan lambat saat liburan. Disadari atau tidak, kalian pasti merasakannya. Misalnya, ketika waktu sekolah, kalian berpikir, “Kayanya lama banget sih waktu sekolah, pengen cepat-cepat libur nih”. Sedangkan ketika kalian menikmati liburan, “Lama juga nih libur, gak banyak ngapa-ngapain, pengen sekolah lagi nih”. Ketika mau UAS, kalian berpikir, “Sedikit lagi kenaikan kelas, rasanya baru kemarin duduk di kelas baru”. Di saat kalian mau lulus atau wisuda, “Sepertinya baru sebentar kenalan sama teman-teman , sekarang mau berpisah lagi” . See?

                 —yeah i see 

Waktu kalian rasakan terasa cepat dan kadang lambat di dunia ini.

Waktu cepat seperti berlari , lambat seperti berjalan . Ndak pernah berhenti. Kalo berhenti yah rusak semua di dunia. Kayak peredaran benda langit di angkasa, selalu bergerak dan berputar teratur sesuai ketentuan-Nya. Kalo berhenti, maka itu saatnya...   KITA KUISS...

...


                 —kok jadi kayak di acara ‘itu’ ya?! 

Udahan jogetnya? Oke salah, Kalo berhenti, maka itu.. saatnya.... THE END OF WORLD. 

Waktu (time) adalah sebuah garis tempat deretan peristiwa, makanya ada seperti surat kabar  Time yang mengabarkan peristiwa. Waktu  juga seperti persamaan gelombang seperti gambar awal di atas. Garis lurusnya waktu, gelombangnya merupakan peristiwanya. Setiap orang memiliki persamaan gelombangnya sendiri. Kadang naik, kadang turun. Seperti roda kehidupan.

Dalam Bahasa Inggris ada Tenses, waktu dibagi 3: past, present, dan future. Masa lalu itu sejarah, masa kini itu peristiwa, dan masa depan itu impian. Adanya waktu kalian bisa mengingat apa yang sudah-sudah. Adanya waktu kalian bisa berjanji. Adanya waktu kalian bisa mengatur kegiatan. Adanya waktu kalian bisa baca ini. Dan adanya waktu pula blog aku bisa berdebu setelah lama tak di buka. 

                 —kayaknya kita ga lagi bahas blog lu sudah... 

Aku punya teman yang di mana dia punya pacar yang anehnya namanya sama dengan mantannya . Dan mantannya sekarang punya pacar pula. Ketika ku berbicara tentang nama pacarnya, temanku ini kadang teringat mantannya.

                 —wah, malah ngomongin orang, kalo dia baca tulisan ni, gimana lu? 

Terakhir kali aku bertemu temen-ku ini, aku sempat ngobrol pas setelah UAS selesai. Dia datang dan memulai percakapan :

 “ Weih, mas bro, kenapa telat masuk tadi? Ada upacara loh”
 “ Biasalah, hari Senin”
 “Tadi ditahan di depan gerbang, kan?”
 “Ndak”
 “Kok, bisa.  Kan kau lambat masuknya tadi?”
 “Biasalah, hari Senin. Tadi aku langsung temui kepseknya”
 “Lu ngomong apa ke dia?”
 “Dia nanya kenapa telat, kujawab: saya gak telat pak, cuma gak pas waktu masuknya, pak. Terus aku diomeli  dan kujawab lagi: maaf pak bercanda , sebenernya saya telat karena adanya waktu pak, kalau gak ada waktu pasti saya gak bakalan telat, pak. Setelah itu aku disuruh masuk kelas”
 “Oh gitu, Gua ke kantin yak, mau ikut?”
 “Gak, emangnya mau ngapain?”
 “Biasalah, hari Senin  ”
 “?!?”



Itulah singkat cerita. Adanya waktu membuat orang mudah memikirkan masa lalu. Mungkin kalian berpikir bagaimana enaknya hidup tanpa waktu, kalian bisa ndak dihukum karena terlambat berangkat sekolah maupun kerja. Tapi waktu membuat kalian belajar teratur dalam hidup , bahkan Tuhan pun bersumpah atas nama waktu Demi Masa (QS. Al-‘Ashr). Zaman sekarang banyak spesies manusia galau akan masa lalu. Tapi itu wajar, karena masa lalu untuk merenungkan, masa kini untuk memikirkan
 dan masa depan untuk merencanakan.



Galau  itu merenungkan masa lalu tanpa memikirkan dan merencanakan apa kita akan lakukan. Cara agar tak galau itu adalah mencari alternatif perenungan lain, misalnya muhasabah. Cara lainnya adalah memperbaiki di masa kini agar di masa depan kita tidak akan menggalaukan atau menyesali masa lalu yang akan kita perbaiki. Galau yang tak wajar adalah galau akan masa depan, karena future itu kan ndak ada yang tahu selain Tuhan. Hanya spesies manusia galau tingkat dewa (=bukan manusia normal) yang meng-galau-kan masa depan yang kita tak tahu.

Sebagai penutup, banyak orang bilang: waktu itu adalah uang . Yang ku heran dari perkataan orang itu adalah, kalau waktu itu uang, kenapa ada uang di dunia ini? Kan masih ada waktu. Dan jika perkataan orang itu benar, maka pasti orang di dunia ini kaya-kaya semua.

                 —seh, becanda mulu

Yah, mungkin ini saja karena ku tak bisa berlama-lama, buang-buang waktu (biasalah, hari Senin). Sampai jumpa lain waktu!



Wassalamu’alaikum WW ...

Tulisan Merepotkan Lainnya

2 Komentar

  1. Waktu memang terasa cepat kalo gue sedang melakukan hal-hal yang gue suka dan waktu terasa lama kalo gue sedang ada di kelas, di pelajaran yang sangat membosankan, bikin ngantuk.
    heheheh :D

    BalasHapus

Budayakan berkomentar meskipun itu merepotkan

blog butuh kunjungan

Keluh Kesah Pembaca

Get this in Link