tips&trik

TIPS MENJADI WIFI-HUNTER

07.52

Minggu 17 Juli 2016 17.26

TIPS MENJADI WIFI-HUNTER

Ya, waktu gua nulis ini, maksudnya ngetik tulisan ini, saat sore di hari minggu yang hujan. Mungkin alasan kenapa gua ngetik ini karena bingung mau ngapain lagi di laptop ini.


                —Bilang aja lagi ga ada kuota internet! 

Brisiik! Hmph..., ya, mau bagaimana lagi, kan sedang hemat uang saat liburan, jadi buat beli kuota internet harus tunggu tanggal yang tepat, daripada habis pas saat-saat krusial. Saat-saat libur kuliah gini, pasti ketemu tanggal buat isi KRS (Kartu Rencana Studi) online, KRS itu buat mendaftarkan diri pada kelas mata kuliah yang kita pilih, kalau kuota kelas penuh, kan, merepotkan.

Di jaman di mana internet sangat penting saat ini gak bisa dipungkiri kuota internet menjadi kebutuhan primer selain pangan, sandang, dan papan. Kalau dipikir-pikir sih sumber listrik juga kebutuhan primer, ya kali punya internet tapi perangkatnya semisal hp ga ada energi listriknya.

Kekurangan kebutuhan primer yang muncul di jaman sekarang, yaitu sumber listrik dan kuota internet menyebabkan timbul inovasi. Misalnya kekurangan sumber listrik pada hp, muncul inovasi powerbank. Nah, kalau kekurangan kuota internet?

                —Minjem hp orang lain atau hack si penyedia layanan internet?


Ya, itu bisa jadi. Tapi gak semua orang bisa, kita akan bahas yang semua orang bisa. Yaitu...

Minjem hp orang lain!!

                —Lah? Katanya itu gak semua orang bisa... lu gimana?

Hehehe...  maksudnya minjem, hmph, lebih tepatnya minta hotspot WIFI orang lain.

Tapi kalau kau melakukannya terus-menerus itu akan merepotkan orang lain. Nah, di sini kita akan memakai hotspot wc WIFI umum, jadi ga akan jadi masalah kalau terus memakai internet dari WIFI umum. Kecuali jika kau sampai nginep di tempat hotspot itu, apalagi ngajak teman, apalagi sekeluarga, sekeluarga besar, apalagi sewarga se-RW, APALAGI....

                —Fokus bang, fokus! Nanti laptopnya ancur bang!

Ehm.., ok, sori, ya kita lanjut, tempat WIFI umum gak semuanya kita ketahui kan, merepotkan juga kalau harus tahu dan jauh-jauh pergi hanya untuk akses internet. Salah satu cara mengakalinya adalah... , eh tunggu dulu, tombol ENTER gua mana...?

                —Tenang bang, tenang! Nih bang...  *ngasih tombol* Lagian gara-gara tadi kurang fokus, hampir ancur ni keyboard laptop

Ah, lu, ganggu pembaca saja, kasihan nungguin ini tips-tipsnya. *masang tombol* Oke sori, kita lanjutkan. Salah satu cara mengakalinya WIFI umum supaya tidak merepotkan adalah... menjadi “wifi-hunter”. Bagi yang gak tahu, wifi-hunter agak mirip ghost-hunter (pemburu setan), ya bedanya yang diburu ya sumber WIFI. Kalau wifi-hunter, kita cari WIFI-nya, terus pakai sepuasnya, nah kalau ghost-hunter, kita cari setannya, terus kita pakai buat curi uang sepuasnya... HA HA HA *ketawa setan*



                —Kayaknya yang harus diburu elu dah..



Hmph..., oke, tips jadi wifi-hunter ini truestory buat penulis, gua akan membaginya kepada pembaca. Selain bisa menghemat kuota, jadi wifi-hunter juga akan menolong kita jika tiba-tiba butuh akses internet, menolong orang lain dalam berbagi dan butuh internet, dan juga menolong penyedia WIFI untuk menghabiskan kuota dan juga dia ga sia-sia masang tu hotspot.

...

Oke inilah Tips menjadi wifi-hunter :

1. Niat

Ini yang penting, karena kalau mencari hotspot WIFI tapi niatnya untuk meng-hack atau merusaknya, maka akan merepotkan. Ingat, niat yang baik akan menghasilkan kebaikan.

2. Scan WIFI di tempat yang dicurigai mengandung akses WIFI 

Ini berlaku bagi pengguna smartphone atau hp berfitur WIFI, karena ini mudah dibawa ke mana-mana. Pakai laptop juga bisa sih, meski agak merepotkan. Asal jangan pakai superkomputer, karena malah Anda yang akan dicurigai, sebagai hacker atau yang lebih parah, Anda akan dicurigai sebagai tukang komputer yang akan menggelar lapak.

3. Coba WIFI yang memiliki akses umum, bisa jadi terdapat akses WIFI gratis

WIFI yang memiliki akses umum ada yang dilindungi password dan tidak. Yang tidak di lindungi password biasanya seusai kita koneksi dengan WIFI tersebut, kita akan dibawa ke halaman untuk log in. Penulis pernah mencobanya di Jakarta pada halte bus TJ tertentu. Memang ada poster “enjoy free WIFI”, tanpa password, kita hanya log in menggunakan Facebook, dan dapat akses internet gratis, namun tidak sampai setengah jam. Tapi kecepatannya lumayan. Sebenarnya bisa diakali, jika akses internetnya putus, kita log in lagi. Apabila tetap tidak bisa, maka disitulah amal ibadah Anda menentukan. Hmph.. , maksudku, ya akses WIFI-nya dibatasi, bisa jadi karena banyak pemakainya.

4. Bertanyalah jika WIFI umum tersebut mengandung password 

Ketika akses WIFI umum dilindungi UUD password, maka sebagai manusia, kita harus bertanya kepada manusia lain yang tahu passwordnya. Meskipun Ebiet G. Ade bilang bertanya pada rumput yang bergoyang, jangan pernah bertanya ke rumput itu. Mengapa?

Karena akan mengganggu goyangannya. Dududu du duuu...


                —Apaan sih...?!?

Kita bisa bertanya kepada orang yang memiliki hp, bisa jadi dia sedang mengakses WIFI. Contohnya seperti ini

  Pak, boleh nanya?
 iya, tanya apa?
 bapak tau password WIFI ini?
 aduh, maaf dek. passwordnya ga tau saya.
 yah, padahal saya kira bapak lagi make
 maaf ya, saya lagi buru-buru *lari*
 buru-buru amat tuh si bapak, kirain lagi make WIFI

JAMBRET.... JAMBREEEEETT....!!! *beberapa orang mengejar bapak itu*
 LAH? Bapak itu copet? Pantesan dia bawa 2 hp barusan !?!
...


                —Wah... parah lu bang. Pencopet lu lolosin...

Aduh.. maaf salah contoh, contoh ga baik jangan ditiru itu. Seharusnya jangan bertanya kepada orang yang memiliki hp, tapi orang yang sedang sibuk memperhatikan hp-nya. Lupakan bapak-bapak itu tadi. Kita ilustrasikan ibu-ibu

 Bu, boleh nanya?
 Iya, tanya apa?
 Ibu tau password WIFI ini?
 Aduh, maaf dek. Passwordnya ga tau saya.
 Yah, ga tahu ya. Yaudah, makasih, Bu
 Dek, dek! Bukannya saya gak tahu passwordnya. Saya tahu, passwordnya ga tahu saya
 Lah? Ibu gimana, katanya tadi ga tahu, sekarang tahu...
 Kan sudah saya bilang, dek! Saya tahu, passwordnya ga tahu saya
 Ibu jangan bikin bingung saya dah, masa ibu tahu tapi passwordnya ga tahu
 Itu passwordnya... GATAHUSAYA. Coba ketik!
 Oh, hmph *masukin password*. Hah? Oiya masuk ya, Bu? Maaf, he he he... makasih
 Hemph... dasar anak muda jaman sekarang
 Maap, Bu, maap. Ngomong-ngomong ibu apa sore-sore gini  ga pulang, masih wifi-an, ga baik Bu, lagi akses apaan, sih?
 Hmph, ini lagi download bahan buat nanti malam. Dikit lagi selesai kok
 Download?!? Bahan?!? MALAM?!? Wah, dasar ibu-ibu mesum! Saya laporin ke suami ibu loh, dasar ibu-ibu jaman sekarang!
 APA KAU BILANG? Ibu lagi download video buat bahan-bahan buat masakan nanti makan malam lah! Dasar anak muda jaman sekarang
 Oh, makan malam... hehehe. Yaudah Bu, makasih ya infonya. Saya sudah selesai download bahannya
 Bahan buat makan malam?
 Ya bukanlah, Bu. Saya mana bisa masak
 Wah... parah. Ngatain saya mesum tapi sendirinya mesum *Lempar hp* DASAR ANAK MUDA JAMAN SEKARAAANG!!!
 *kabuuur.....*
...


Itulah cara bertanya password WIFI dengan benar *ngelap keringet*


                —cara bertanya bagaimana, sih? Longpost begitu ga jelas, tapi... ga nyangka gua bang. Lu semesum itu...



Siapa yang bilang gua mesum? Gua cari bahan buat ngerjain tugas waktu itu. Hmph... intinya kita cari password dengan cara yang benar, bukan cara meng-hack. Karena kita ingin menjadi wifi-hunter, bukan hacker. Lagi pula cara nge-hack kan merepotkan dan salah. Ya, kecuali kalau memang kepepet. Oke, lanjut ke tips kelima, kita anggap yang terakhir :


                —heh... ngalihin pertanyaan gua...

5. Selalu simpan password WIFI di smartphone khususnya, jangan di hapus history browser WIFI tersebut
Ini yang penting, karena kita ga selalu hafal tempat, nama, dan password WIFI umum tersebut. Kita harus melakukan tips terakhir ini. Yaitu simpan daftar WIFI-nya di hp khususnya. Kalau di laptop bisa, biasanya otomatis tersambung jika kita cek automatically connect. Kalau lewat hp ya jangan hapus history WIFI-nya, jangan klik forget this network. Jadi kalau kita suatu hari datang ke tempat hotspot yang sudah kita simpan sebelumnya, kita ga perlu ribet tanya-tanya passwordnya terus dikatain mesum.



Selain harus simpan history wifi, simpan juga halaman log in untuk wifi yang tanpa password. Sebenarnya ga harus, kan, sekali nyambung wifi itu, pasti browser akan otomatis menerima halaman log in-nya. Tetapi, terkadang tidak otomatis, bisa jadi karena jarak atau padatnya pengguna wifi. Menyimpannya cukup di bookmark saja halamannya pake nama WIFI-nya. Terkadang penulis mengalami kendala log in yang selalu gagal, cara mengatasinya adalah coba minimal 3 kali log in, kalau tetap ga bisa, ya, hmph, tunggu beberapa saat lagi... dan coba lagi.

                —kalo gagal gagal terus?

Ya, itulah saat yang tepat untuk bertanya kepada... rumput yang bergoyang.
...


Baiklah, karena sudah kebanyakan ngetik. Gua mau nutup ini tulisan, wifi-hunter itu cuma istilah gua karena gua menyadari gua sendiri yang melakukan tips-tips wifi-hunting yang merepotkan di atas. Gua selalu mencari potensi-potensi WIFI ditempat-tempat yang tak terduga. Mungkin karena ngiri liat kampus lain ga seperti keadaan kampus gua yang kau-tahu-lah yang susah cari akses internet, sebenernya sih, sudah lebih baik sekarang. Jadi WIFI emang salah satu kebutuhan primer saat ini.

                —hmphh... bilang aja ga ada duit buat beli kuota...

 OKE, ABAIKAN tulisan di atas... Maaf gua ga ngasih cara cepet seperti hack password WIFI karena kau-tahu, tips cepet bgitu sudah bertebaran di website lain, dan juga kurang baik sih. Karena kayak nyuri aja, jadi haram aksesnya, jadi haram hasil download-nya. Kan bahaya, ibarat kau nyuri pulpen , terus lu gunain buat tulis pelajaran, tulisan lu jadi haram, terus dapet ilmu dari tulisan itu, ilmu lu haram, terus ilmu lu pakai buat cari kerja dapat uang, uang jadi haram, apalagi sampe lu pakai uang haram itu , kan ngeri jadinya.

Ibarat yang mengerikan, tapi nge-hack WIFI juga kayak makanan haram, boleh dimakan kalau terdesak dan satu-satunya sumber makanan yang ada untuk bertahan hidup. Boleh di-hack kalau terdesak dan satu-satunya sumber WIFI yang ada untuk mencari data atau informasi. Karena di jaman sekarang, dalam dunia ini, terkadang informasi itu lebih penting daripada nyawa.

                —bukannya “di dalam dunia shinobi, informasi itu lebih penting daripada sebuah nyawa”?


Ya, kurang lebih seperti itu, balik lagi ke truestory gua, kalau dikampus memang kebiasaan gua main hp di tempat yang ada hotspot WIFI-nya, sampe pernah teman gua sampai heran :


 Ngapain di sini? Pasti wifi-an ya
•   Iya, kau-tahu
 Pakai kuota dong, masih jaman make WIFI
•   Ya iyalah masih, ngapain dong mereka pasang hotspot?
 Heh... WIFI mulu, cari wife kapan?
*teman gua pergi, gua cuma bisa tersenyum, dan sambil nyiapin rasengan*
...


                —kayaknya penutupnya kepanjangan dah...

Oiya, maaf jadi keterusan gini. Ditunggu ini tips WIFI versi kalian di komentar! Sekian tips-tips dari penulis. Ingatlah filosofi tempat sampah , buang yang buruk-buruk, ambil yang bisa dimanfaatkan . Ini ada sedikit kuota buat kalian..., eh maksudnya quote :

“Bulan Ramadhan mengajarkan kita bahwa makanan dan air adalah sumber kehidupan, bukan WIFI dan sumber listrik” ~MNA, 2016



Catatan:

TJ = singkatan dari Transjakarta
Shinobi = dunia ninja dalam anime dan manga Naruto
Rasengan = serangan khas Naruto dalam anime dan manga Naruto

Tulisan Merepotkan Lainnya

7 Komentar

  1. superkomputer itu maksudnya apaan? 🙄 Duh.. aku lemot 😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super komputer itu sama seperti komputer biasa. Tapi bedanya cuma komponennya yang besar yang kemampuannya di atas rata-rata. Misalnya di NASA mereka punya super komputer buat penelitian luar angkasa.

      Hapus

Budayakan berkomentar meskipun itu merepotkan

blog butuh kunjungan

Keluh Kesah Pembaca

Get this in Link