film

FULL REVIEW PRINCESS COMET COSMIC BATON GIRL : Bintang Yang Dirindukan (Plus UPDATE!)

23.28

Minggu 12 Maret 2017 22.00


Akhirnya~, inilah tulisan bertema hiburan pertama di blog ini. Hampir 8 bulan gua menyelesaikannya, ya gara-gara kehidupan gua yang makin merepotkan. Dimulai dari keseharian di rumah, di kampus, banyak proyek (ga banyak sih), tugas bejibun, ngurus peliharaan, nyuci motor, ngepel jalanan (kok makin ngawur ya), laptop mulai rusak, kuliah, dan saat libur kuliah pun masih ke kampus juga. Hmph.., memang hidup ga sesimpel main game solitaire, cuma nyusun dari A sampe Z dan selesai semata. Oke dah, daripada berpanjang lebar lagi (karena kepanjangan dan kelebaran ga baik, apalagi bagi wanita, wkwk), kita langsung masuk aja ke tulisan gua kali ini :

Selasa, 26 Juli 2016 18.44

Ohaiyo, gozaimasu desu!

                —Hah?! Lu ngomong apaan? Belum satu paragraf, tulisannya aneh

Hehehe... itu bahasa Jepang, Bro. Artinya selamat pagi, ga tepat juga sih, karena gua tulis ini sore-sore. Petang gini gua masih liburan kuliah, di saat orang-orang pulang sekolah atau pulang kerja, gua masih liburan saja, hebat, kan?

                —apanya yang hebat, hmph.... udah ceritain kenapa tiba-tiba ngomong bahasa asing begitu?!?

Sebenernya sih masih berkaitan dengan liburan gua ini. Pada waktu libur panjang gini pasti ada momen-momen kalian nganggur, bener gak? Salah satunya untuk mengisi waktu nganggur adalah nonton film. Makanya karena gua udah belajar dari pengalaman liburan panjang tahun lalu di saat gua kehabisan stok indomi film buat ngisi liburan, tahun ini gua baru ngabisin stok film & video buat ngisi waktu luang liburan gua. Sayang sekali padahal liburan masih berlangsung, tapi stok kembali habis, mungkin stok yang di-download lewat WIFI gratis untuk persiapan liburan kurang.


PRINCESS COMET COSMIC BATON GIRL REVIEW - Bintang Yang Dirindukan

...


Kira-kira seminggu yang lalu gua tamatin film seri yang gua suka tonton saat gua masih SD. Sesuai dengan judul tulisan ini dan bahasa jepang, Yup, itu adalah Cosmic Baton Girl Comet-san atau yang dikenal sebagai Princess Comet.

                —kayaknya jadul banget, sama kaya lu bang haha...


Ga banget juga kali... serial anime-nya masih produksi awal abad 21, yaitu 2001 di jepang. Nah, kalau di Indonesia tahun 2007 di TV anak “saluran masa depan” di bagian “zomoroda”. Kalau sekarang sih saluran masa depan sudah diganti jadi “saluran masa kini”. Kenapa gua ngebahas film kartun jepang atau anime ini?

Ada 3 alasan :
Pertama, mau nostalgia dengan kartun yang rata-rata ditonton anak yang lahir tahun 90-an, yang di mana anak-anak generasi selanjutnya sudah jarang ditemukan TV yang menyiarkan kartun.
Kedua, gua bahas anime ini karena tulisan yang bahas judul anime ini jarang dan juga masih bisa dihitung dengan jari, iya, jari kaki seribu.

                —banyak dong bang...

Masih sedikit lah..., memang lu pernah liat jari kaki seribu?
Oke, ketiga, ini alasan yang terpenting, yaitu karena gua ga tahu lagi mau bahas apaan.

...


Mungkin agak aneh ya karena gua cowok dan bahas kartun yang kecewean gini. Gua udah bilang gua nonton ini pas kecil, jadi ga masalah sih anak kecil nonton kartun cewe. Waktu itu gua memang suka kartun bergenre science-fiction, komedi dan petualangan. Nah, di anime ini campuran ketiganya, meski ada berbau romansanya, tak apalah. Pas kecil, gua kalau nonton serial Princess Comet acak-acakan, ga pernah urut, susah buat nonton dari awal cerita sampe tamat. Sampe umur sekarang aja baru 3 judul serial kartun yang gua tamatin. Makanya pas kecil gua bahkan buat janji yang gila, yaitu kalau aku masuk surga nanti, aku akan minta biar bisa nonton Princess Comet sampe tamat.

                —wah, kecil-kecil lu sudah gila ya?

Seh... bukan gila sih, tepatnya aneh, karena geregetan aja ga nyambung ceritanya pas ditonton meskipun pas gua tonton seminggu yang lalu, gua menyadari ga apa-apa kalau ditonton ga berurutan. Pas gua dewasa pun, ni anime ga tayang-tayang lagi meski saluran TV-nya sudah pindah atau gua liat situs TV-nya. Malahan seminggu terakhir ini, salah satu TV swasta ada yang nayangin sinetron 2000-an pas gua kecil, kayak tuyul & mbak Yul, dan putri duyung. Gua ga nemu yang nayangin lagi kartun 2000-an yang muncul lagi. Jadi rindu sama kartu-kartun jaman dulu yang selalu menghiasi TV pas kecil, apalagi pas liat di sosial media, lagi buka-buka Facebook, nemu foto kumpulan kartun-kartun jadul, yang komen banyak, kayaknya yang posting seumuran sama gua, pada kangen kartun-kartun itu. Hmph... jadi makin rindu... kok, jadi sedih gini ya...

                —Sori bang, gua lagi ngiris bawang, hehehe...


Eh, parah lu, coeg! Pantesan mata gua pedih, ngapain sih tiba-tiba lu ngiris bawang di sini, mau balas dendam gara-gara gua tiba-tiba ngomong jepang tadi? Hmph... sudahlah, kita lanjut. Kerinduan orang-orang yang lahir di tahun 90-an akan kartun masa lalu mereka bukannya tanpa alasan, karena melihat perilaku aneh anak-anak jaman sekarang dan tayangan TV yang tidak sesuai untuk anak-anak. Tak heran jika melihat berita yang cukup merepotkan tentang generasi muda saat ini. Mungkin benar apa yang beredar bahwa jaman sekarang anak-anak tumbuh dewasa terlalu awal, atau kita yang terlalu kekanak-kanakan?

                —Kita? kenapa bawa-bawa gua dah...


Terlepas dari masalah-masalah di atas yang merepotkan, pasti ada kok yang peduli sama generasi jaman sekarang, karena Tuhan memberikan masalah dengan 2 jalan keluar, seperti dalam surah Al Insyirah : setelah kesulitan ada kemudahan. Lagi pula tiap generasi memiliki perbedaan jaman, mungkin jaman yang maju sekarang ini yang penuh teknologi sudah saatnya anak belajar mengenal teknologi dan menggunakannya dengan benar. Sebagaimana anak jaman 90-an yang penuh dunia kartun menyukai film kartun favoritnya dan bermain dengan permainan yang berkaitan dengan kartunnya.


                wah... kayaknya nostalgia banget, tapi kapan bahas judul kartunnyaah....


Oke... sesuai judulnya yaitu bintang yang dirindukan, anime Princess Comet ini, sesuai namanya Comet atau bintang berekor. Dan ini anime jaman ku-kecil. Jadi, anime ini salah satu favorit gua yang gua rinduin dan Alhamdulillah gua tamatin di liburan tahun ini. Sebelumnya gua download anime ini gara-gara teman sekampus yang tiba-tiba ngingetin kartun favorit masa kecil mereka, yang juga ngingetin gua ke TV “saluran masa depan” dan akhirnya keinget janji aneh gua masa kecil buat tamatin ni kartun suatu saat nanti.


Saat teman gua ngomongin kartun masa kecilnya, saat itu gua langsung beli papan selancar, maksudnya berselancar di dunia maya, sampai tenggelam di dalamnya buat cari tuh Comet. Hasilnya cukup merepotkan, ketemu 5 episode awal dengan subtitle Indonesia, 16 episode berikutnya dengan subtitle Inggris dan sisanya tanpa subtitle sama sekali dari total 43 episode. Hmph, terlihat langka memang, karena RAW anime ini atau data asli anime-nya langka juga, jadi bermasalah pada subtitle-nya, jadi ending ceritanya gua masih mengira-ngira. Bahasa dubingnya full jepang, langka sekali yang Indonesia. Padahal gua penasaran yang dubing Indonesia kayak bagaimana, biar afdol mengenang masa kecilnya. Meskipun nonton sampai tamat, gua masih merasa kurang mengerti akhir ceritanya.

Yaudah kita masuk ke anime-nya, Princess Comet ini dibuat oleh orang tua Jepang bernama Mitsuteru Yokoyama, katanya sih, dia tua banget, dan sudah buat puluhan berbagai karya anime dan manga. Pas kucari daftar karyanya, sama sekali ga ada yang kukenal, cuma anime ini doang, wkwkwk... sori pak Yokoyama, cuma bercanda. Anime ini memang khusus anak-anak, bergenre komedi, magical girl, science-fiction (fiksi ilmiah), dan daily life. Jadi pasti aman lah ditonton usia anak-anak. Serial anime ini hasil adaptasi dari manga dan drama TV, tapi jangan bayangkan manga dan drama sama persis kayak anime-nya seperti serial anime kebanyakan.

PRINCESS COMET COSMIC BATON GIRL REVIEW

Menurut tante Wiki, manga dan drama TV-nya muncul tahun 1967, gile.. tua banget kan, kebayang ga tuh, tuanya pak Yokoyama. Maaf, masih bercanda, pak, hehehe... Di sampul manga pertamanya aja penampilan karakternya saja beda, cuman nama dan tongkatnya yang sama. Serial manga muncul di majalah Margaret Shueisha, karakter Comet saat itu merupakan salah satu serial Magical Girl Jepang yang pertama! Sedangkan di drama TV-nya sampai 2 season! Dari 1967 sampe 1979! Bahkan dramanya udah dikenal sampai diekspor sampe ke Spanyol. Masih ada pemeran penerus dari drama TV ke anime, yaitu pengisi suara Ratu (ibunya Comet) di anime adalah pemeran sebagai Comet di drama TV. Nah baru lahir dah anime-nya yang tayang 1 April 2001 sampe 27 Januari 2002, tahun di mana anime lagi maju-majunya karena saat itu sudah ada komputer. Hmph... tahun segitu kira-kira gua ngapain ya??

                bodo amat lu ngapain tahun segitu, kan kartunnya aja tayang di Indonesia tahun 2007...


Kalo diliat-liat sih, karakter anime-nya hasil desain ulang drama TV, jadi ga heran kalau beda karakternya, mungkin penulis mau menyesuaikan cerita serialnya dengan jaman itu. Desainer karakternya si Kazuaki Makida. Emang parah itu orang, main ngubah-ngubah karya orang lain saja.

                pasti sudah diijinin kali bang

Dari segi cerita, sebagian besar bercerita tentang daily life, per episode ceritanya berbeda-beda, tentang perjalanan Comet yang menjalani kehidupan sehari-hari di bumi dengan pelajaran hidupnya. Tapi beberapa episode saling terkait, juga pada episode awal dan akhir bercerita tentang inti kartun ini, yaitu Comet dan rivalnya, Meteor, yang tinggal di luar angkasa, mencari Pangeran yang kabur ke bumi karena akan dijodohkan antara 2 putri bintang, yaitu Princess Comet dan Princess Meteor. Dan ending-nya benar-benar unexpected, tidak terprediksi, meski begitu, gua suka karena biar anti-mainstream. Selanjutnya gua akan bahas mendetail tentang kartun ini, jadi kalau kalian belum pernah nonton dan pengen dapetin feel-kartunnya, mending langsung tutup browsernya terus jual Hp/komputer kalian sekarang, karena tulisan selanjutnya mengandung Highly SPOILER!

                —seh... sampe segitunya spoiler, kayak tulisannya bagus aja... hmph...

...




Sekarang gua akan bahas inti tulisan gua secara mendetail tentang kartun masa kecil gua, jadi kalian jangan sampe melewatkan satu huruf pun dari tulisan gua ini dan jangan sampai berkedip! 

—wah, ini udah kelewatan lebainya bang!

Hehehe, sebenernya boleh sih kedip, kenapa? karena gua kehabisan obat tetes mata hari ini. Oke, langsung saja, ada beberapa poin yang mau dibahas tentang anime lucu ini :

1.     Karakter yang Bagus dan Unik


Setiap film pasti memiliki karakter yang membedakan dengan film lainnya, tak terkecuali kartun ini. Desain karakternya masih wajar karena karakter manusianya banyak, uniknya adalah desain matanya yang besar. Seperti kebanyakan animasi jepang lainnya, mata yang besar emang ga asing, karena gua pernah sih, baca artikel kalau mata yang lebar di Jepang sana menjadi salah satu alasan biar dikatakan tampan atau cantik. Ga heran sih, nyatanya di dunia sana orang sipit berjibun. Gua juga ngambil kesimpulan kalo anime adalah bentuk protes orang Jepang yang bosen melihat kaum mereka sendiri. Yah.., sama sih, kayak di Indonesia, yang menganggap perempuan itu cantik kalo warna kulitnya putih, sampe paradigma ini membuat kaum perempuan berbuat hal- hal yang merepotkan agar kulitnya putih (asal ga sampai mengubah ciptaan Tuhan). Hmph, ini emang (mungkin) bentuk protes orang Indonesia yang bosen ngeliat kaumnya yang kebanyakan kulitnya berwarna. Gua pernah bayangin kalo dua jenis manusia jepang sama Indonesia ini ketemu dan tabrakan, mungkin gini ceritanya :

*Brruuaakkk*
J : maaf mbak, ga sengaja
I : (dalem hati: putih banget itu orang, tapi sayang sipit) makanya kalo jalan pakai mata! 
J : maaf mbak, saya jalannya pakai kaki
I : !?!?, bener juga yak
...


—rasanya ada yang aneh diceritanya

Kenyataan manusia bosen dengan kaumnya ini buat kita mengerti pentingnya rasa syukur, orang Indonesia bersyukur matanya lebar dan orang jepang bersyukur kulitnya cerah, bukankah Allah ingin biar kita saling kenal-mengenal?

Oke, balik lagi kebahasan kita. Meski desain matanya lebar, ada yang beda dari anime lain, bentuk pupilnya sangat terlihat mencolok, jadi penonton nyaman fokus ke karakternya.


Kalo dibanding anime masa kini keliatan kalo gambar animasinya ada yang aneh, yaitu gambar mata dan alis paling menonjol bahkan keliatan banget misalnya pas muka si karakter agak nunduk, posisi alis dan matanya gak ketutupan rambut.


Setting tempat serial animasi ini 2, yaitu luar angkasa (tepatnya kerajaan bintang) dan bumi. Sebagian penghuni di kerajaan bintang berbentuk manusia, yang membedakan dengan manusia bumi di anime ini adalah warna rambut dan pupil matanya. Di bumi (tepatnya jepang) orang-orang berambut hitam atau coklat dan warna matanya juga hitam atau coklat. Jika orang-orang itu melihat manusia yang berada ‘di luar hitam dan coklat’ itu, mereka menganggapnya orang bule atau bukan orang jepang. Itu terlihat di episode awal-awal saat Comet dan Meteor datang ke bumi. Sebenarnya orang di kerajaan bintang bisa mengubah dirinya seperti manusia di bumi jepang yang berambut dan bermata yang normal dengan kekuatan bintang. Di episode akhir terlihat bahwa pangeran yang melarikan diri dari kerajaan bintang menyamar menjadi orang normal di bumi. Mungkin desainer anime ini ingin membedakan orang dari negeri bintang dengan bumi, sesuai sih biar ngerti penontonnya yang kebanyakan anak-anak.

Di negeri bintang, sebagian makhluk bintang selain berbentuk manusia juga membentuk karakter unik. Konsep science-fiction di anime ini adalah ada 3 galaksi (kerajaan) dalam nebula triangle, yaitu kerajaan Harmonika, Tamborin, dan Kastanyet.


Tiap kerajaan mengatur anak-anak bintang dan hidup damai satu sama lain. Di sini konsep anak bintangnya adalah bintang yang baru lahir dan terus tumbuh hingga dewasa hingga membentuk planet, ga heran juga sih, anak bintangnya dari kecil berbentuk bola dan berisi penghuni yang berbeda-beda dan unik. Anak-anak bintang memiliki kekuatannya sendiri, konsep ini yang menyebabkan orang-orang penting di kerajaan dapat menggunakan kekuatan bintang. Selain itu, penghuni di dalam anak bintang bisa berkomunikasi dengan sesamanya dan juga pengaturnya (gak terkecuali Comet atau Meteor). Anak-anak bintang memiliki kilauan, kepribadian, dan kehidupannya sendiri. Suaranya juga lucu-lucu, terus desain karakter penghuni anak bintangnya ga mainstream juga. Hmph, memang bener-bener full imajinasi ini kartun. Pas juga lah gua masih kecil tertarik dengan hal berbau astronomi.


Selain bentuk rambut dan mata, secara keseluruhan di serial animasi Princess Comet yang ber-setting di kota dekat pantai ini semuanya memiliki gaya rambut unik, tiap gaya rambut menggambarkan ia termasuk dalam keluarga mana. Intinya sih tiap keluarga di dalamnya memiliki gaya rambut yang hampir sama. Anime ini setting waktunya setahun lebih, jadi keliatan budaya jepangnya yang berbeda di tiap musim.

Hmph, udah bahas secara keseluruhan karakter anime ini ga afdol kalo ga bahas karakternya satu persatu dengan segala keunikannya, langsung di mari gan :

—akhirnya gan... setelah ngomong ngalor-ngidul...

Putri Comet



Karakter pertama yang dibahas tentu pemeran utamanya, namanya udah jadi judul film masa ga dibahas, ya, sesuai namanya komet, berarti bintang berekor, emang bener-bener, dah jadi bintang yang dirindukan, di dunia nyata aja ditunggu-tunggu dan kalo dateng pun jarang-jarang sampe orang-orang rela kumpul dan bahkan diliput.

—ini komet yang mana dah

Maksudnya ga jauh beda sama dunia nyata, di dunia anime ini emang jadi sorotan. Yaiyalah pemeran utama. Kalau dilihat sih, dengan rambut pink dan mata birunya, emang pantes kalo kartun ini buat perempuan, tapi gua sebagai laki-laki, kartun ini emang menarik buat perempuan dan juga laki-laki. Soalnya gua pernah liat di suatu situs forum Indonesia yang bahas anime ini dan beberapa laki-laki ngaku kalo anime ini terbaik buat di ikuti meskipun kartun ini termasuk tontonan anak perempuan.

Comet adalah seorang anak yang tinggal bersama kedua orang tuanya dan seorang kakek (gua ga tahu dia kakeknya Comet atau cuma penasehat kerajaan) di kerajaan bintang harmonika. Keluarga di kerajaan itu khasnya terlihat dari rambut merah mudanya. Cerita yang awal setting tempatnya di kerajaan harmonika terlihat kesukaan Comet adalah bermain dengan anak-anak bintang. Kesukaannya-lah yang membuat seorang kakek-kakek (sepertinya dia tetua di kerajaan) bernama Higenoshita sering memarahi Comet karena menganggap anak bintang sebagai mainan. Higenoshita lebih menyukai Comet untuk menikahi pangeran kerajaan bintang Tamborin untuk mengatur dan memimpin anak-anak bintang di nebula triangle. Comet hanya menganggap pernikahan tersebut tidak penting akhirnya terpaksa menuruti tetua dan orang tuanya. Di sini terlihat bahwa sifat Comet yang kekanak-kanakan.


Kalau ngebahas sifatnya, sih, ga bisa di satu episode aja. Mungkin karena di setiap episode karakter ini selalu ada, jadi sifat dan sikap Comet kalo dilihat emang bagus ditonton anak-anak. Bisa dikata dia termasuk karakter protagonisnya. Balik lagi ke jalan ceritanya, saat Comet berlari di sebuah koridor untuk menuju tempat pesta di kerajaan Tamborin, tak sengaja ia bersenggolan dengan seseorang berjubah (yang akhirnya diketahui sebagai pangeran yang kabur) dan terdapat sebuah berlian hijau jatuh, Comet pun memungutnya. Sesampainya di pesta yang seharusnya menjadi pangeran memilih calon pasangannya antara putri dari kerajaan Harmonika, Comet atau Kastanyet, Meteor, ternyata dinyatakan menghilang. Comet malah senang dengan alasan kesalahan para orang tua masing-masing kerajaan yang memaksakan pernikahan anak-anaknya. Sang pangeran Tamborin dikabarkan kabur ke bumi. Higenoshita menyarankan Comet ke bumi untuk mencari pangeran, mendengar kata ‘bumi’, Comet langsung ingin menuju ke planet itu karena ia pernah mendengar ibunya pernah ke bumi dan itu merupakan planet yang indah, ibunya mendapatkan teman, perasaan dan pengalaman, dan menyimpan kenangan tersebut dalam ‘bola bintang’. Dengan alasan mencari pangeran, sebenernya keliatan sih, niat Comet ke Bumi adalah untuk mengukir kenangan seperti ibunya dulu lakukan.



Akhirnya, Comet memulai petualangan ke bumi. Dengan naik kereta bintang, Comet membawa ‘bola bintangnya’ sendiri (yang akhirnya berisi berlian hijau peninggalan pangeran), dan juga kalung bintang bernama twinkle star. Sesuai namanya, kalung itu berfungsi mendeteksi twinkle atau kilauan, karena pangeran yang kabur tidak dapat dikenali kecuali dengan kilauan di matanya. Selain dideteksi dengan twinkle star, Comet juga ditemani makhluk dari kerajaan bintang, yaitu Rababou yang juga dapat mendeteksi kilauan. Sesuai namanya, Rababou (Rubber Ball) mirip bola karet dengan badan kecil dan ekor bintang yang bersinar bila terdeteksi kilauan.


—Dari tadi banyak kata kilauan ya...

Iya sih, karena pembuat kartun ngasih konsep yang berhubungan dengan luar angkasa dan bintang, contohnya kilauan ini, nantinya bakal ada banyak episode yang membuat Comet bertemu dengan kilauan-kilauan dari orang di bumi. Kilauan di sini maksudnya adalah sesuatu hal bagus yang terpancar dari hati. Masih bingung? Tetap lanjut baca aja, nanti ada contohnya dalam anime ini.

Rababou tugasnya membantu Comet dalam mencari pangeran atas perintah dari Higenoshita. Di anime ini, seperti kartun magical girl lain, Rababou sebagai maskot dari Comet. Rababou juga dapat mengembang menjadi besar untuk menjadi kendaraan Comet terbang ke angkasa buat ngumpulin kekuatan bintang.



Di episode awal keliatan kalo Comet ga biasa naik Rababou, ekspresi lucu Comet muncul saat bentuk mukanya berubah. Di anime ini emang sering perubahan desain muka secara dinamis di awal episode hingga pertengahan yang fokus daily life dan masih sedikit nyinggung perjalanan pencarian pangeran. Meski anime ini termasuk bergenre komedi, karakter Comet sebenernya jarang melakukan hal lucu, hanya salah satunya perubahan raut muka dan sikap polosnya saja yang menggemaskan.


Comet yang sampai di bumi pada malam hari terpaksa tidur di suatu taman, pas paginya ia malah bertemu turis yang membetulkan ucapan selamat pagi-nya Comet.


—pantes saja lu ngomong ga jelas di awal-awal, jadi ini alasannya...

Ya, sikap polos Comet yang baru mengenal bumi-lah yang menjadi salah satu kenapa karakter ini menarik diikuti. Sempat berpisah dengan Rababou di tengah perjalanan, Comet ketemu anak-anak TK yang salah menyebut namanya, menjadi komatta-san (=orang yang kesulitan, di bahasa Jepang Comet-san dibaca Kometto-san). Tapi di episode pertama (The One who Carries the Shinning of the Stars) sudah mulai terasa sedih saat Comet tak tahu harus tinggal di mana setelah seharian mengenal bumi. Tetapi ia terselamatkan oleh anak-anak TK tadi dengan ibunya, disitulah Comet yang sedang kesulitan (komatta). Mulai saat itu ia tinggal bersama keluarga anak TK itu.

Tinggal di keluarga, Comet mulai menjalani kesehariannya (daily life) di bumi. Sebagai putri kerajaan bintang, Comet memang punya kemampuan kekuatan bintang, awalnya anak-anak TK (Tsuyoshi-kun & Nene-chan) menganggap dia penyihir, tapi akhirnya Comet menyebut dirinya penyihir bintang dan hanya menunjukkan kekuatan bintang ke mereka berdua (alasannya karena balas budi).


Sama halnya dengan kartun magical girl yang karakternya dapat berubah saat menggunakan kekuatannya, Comet bisa berubah menjadi Princess-mode (ini cuma sebutan gua aja). Mode princess Comet hampir sama kostumnya saat masih tinggal di kerajaan bintang. Yang membedakan mungkin proses perubahannya yang melibatkan tongkat bintang dan kalung ‘twinkle star’ serta mantra khasnya dalam memanggil kekuatan anak-anak bintang.

—lagi nge-tren tuh film yang ngubah karakternya jadi semacam hero begitu

Hmph, mungkin di jaman sekarang masih nge-trend meski ga banyak, contohnya sih kayak anime Naruto dengan Sage-mode dan Kyuubi-mode-nya terus  juga kartun barat semisal The Legend of Korra dengan Avatar-mode-nya. Balik lagi ke anime ini, Comet yang tinggal di keluarga baru ini selalu membantu (yang jadi salah satu sifat yang bagus ditonton), dan juga melihat kilauan pada 2 anak kembar (Tsuyoshi-kun & Nene-chan), yaitu ‘kekuatan untuk membantu orang lain’. Comet yang mulai mengurus anak kembar keluarga barunya mulai terlihat sifatnya. Dia terlihat periang di episode 4 (Exciting Zoo Trip) dan 5 (Slow and Steady Kingdom-making) saat mengenal binatang dan tanaman di bumi, polos dan husnuzon (baik sangka) saat bertemu Meteor yang juga ke bumi mencari pangeran di episode 3 (Tunnel of Stars), penolong saat menyelamatkan Meteor bersama seorang anak laki-laki bernama Keisuke (yang dicurigai sebagai pangeran). Selain Keisuke, muncul karakter lain yang juga dicurigai sebagai pangeran, yaitu penyanyi yang cukup digemari wanita bernama Shun. Di episode 10 kedua lelaki ini mengejar Comet yang naik bus sekolah untuk mengantar Tsuyoshi dan Nene ke TK, di sinilah terlihat perasaan yang pertama kali dirasakan Comet karena kepolosannya.


Sifat Comet yang kekanakan dan polos sebenarnya hanya di awal-awal episode, diketahui bahwa ia berusia 12 tahun dan saat ditanya sekolah di mana ternyata ia sudah lulus dari sekolah Harmonika, menunjukkan Comet seorang remaja. Seiring berjalannya serial episode sifat Comet semakin dewasa karena terbiasa dan belajar dengan kehidupan di bumi. Comet  kadang marahan ama Rababou karna malas mencari pangeran dan mementingkan mengenal & mencari kenangan di bumi, akhirnya Rababou juga ikutan menikmati petualangan di bumi dengan alasan Comet yang ingin belajar tentang bumi jadi pas dia ngurus anak-anak bintang ga canggung lagi.

Sifat Comet yang baik dan mudah berteman dengan orang-orang membuat bermunculan karakter lain di anime ini, seperti Kashima, Shun, Yui, Yuuki-sensei, Asuka, Michiru, dan 2 orang bersaudara dari kerajaan bintang Tamborin. Dua nama pertama juga dicurigai sebagai pangeran. Yui yang merupakan desainer pakaian muncul saat Comet ingin belajar membuat pakaian, Yuuki-sensei merupakan guru TK Tsuyoshi dan Nene, awal pertemuan dengan Comet emang agak merepotkan. Hmph..., gimana ga aneh coba, ga sengaja Comet nendang bola saat main di TK dan pas kena muka sensei (guru) tersebut. Wkwkwk...

—kayaknya gurih tuh, coba bang ilustrasikan, gua yang nendang bola dah...

Enak aja! Kita ga perlu ilustrasi, ga baik menodai wajah pendidik kita.

—kan lu bukan guru...

Asuku & Michiru menjadi teman yang mengenalkan Comet tentang baton twirling yang akhirnya mereka menjadi tim baton untuk suatu olahraga. Comet yang sudah jago memainkan tongkat bintangnya tak kesulitan dalam memahami baton twirling.

Ada 2 bersaudara bernama Mira (cewe) dan Karon (cowo) dari kerajaan bintang Tamborin yang ternyata juga tinggal di bumi selain Comet dan Meteor, mereka saling membantu dalam pencarian pangeran. Tapi kebanyakan Comet terlihat bersama Mira. Ada satu karakter yang berasal dari kerajaan bintang yang tinggal di bumi, yaitu keluarga Comet, tepatnya bibinya, Spica.


Ngomong-ngomong tentang Comet yang bisa dikata penyihir bintang, selain punya princess-mode  yang berasal dari kekuatan bintang (star power), ia juga bisa berubah ke mode lain, gua menyebutnya princess-koi-mode, asal kekuatannya dari rasa cintamiracle power, ya mungkin ini akibat genre romansanya. Mode baru ini muncul kira-kira setelah pertemuan dengan bibi Spica. Bibinya ini juga punya maskotnya berbentuk mirip Rababou dan kelinci  , namanya Rapapyon. Rapapyon mempunyai ekor berbentuk hati dan tiap akhir bicara ia ngomong ~pyon, mirip Rababou yang mengakhiri perkataannya dengan ~bou (ini mungkin salah satu yang bikin kartun ini lucu-lucu imut). Rababou yang tinggal di dalam kalung twinkle star jatuh cinta dengan Rapapyon menimbulkan kekuatan yang mempengaruhi hati Comet sehingga bisa masuk ke princess-koi-mode (koi=cinta). Twinkle star ama tongkat bintang Comet yang awalnya berbentuk bintang pun berubah jadi hati, begitu juga ama kostum princess-nya, dominan warna merah muda dan putih terus kayaknya lebih meriah dibanding princess-mode dengan star power.

...


Selanjutnya kita bahas gimana Comet menjelang akhir-akhir episode. Di sini memang agak kental nuansa romansanya, agak merepotkan sih, karna gua cowo agak canggung aja ngomongin tentang love yang lebih cocok buat cewe. Tapi demi pembaca gua harus menceritakannya biar afdol.

—wah, pasti sudah ketemu itu pangeran yang hilang...


Kepribadian Comet yang kurang berpengalaman dalam perasaan (khususnya cinta) membuat lama menyadari kalo dia condong ke Keisuke. Setelah 2 kandidat yang dicurigai sebagai pangeran gagal, yaitu Kashima dan Shun. Di akhir-akhir episode emang  udah keliatan Keisuke adalah pangeran yang dicari-cari karena orang lain yang di curigai sebagai pangeran sudah diketahui bukan berasal dari kerajaan bintang. Awal pertemuan Comet dengan Keisuke emang terlihat tidak menyukai sama lain, bahkan kadang bertengkar di beberapa episode. Mereka sama-sama tidak bisa mengeluarkan isi hatinya meski tertarik satu sama lain. Sampai di suatu saat Keisuke akan pergi ke luar negeri untuk meraih cita-citanya, agar tidak rindu Comet menggunakan kekuatan bintang untuk mengetahui kabar Keisuke dengan memasukkan kekuatannya pada suatu buku ke perahu tempat Keisuke bepergian. Comet sering ke pinggir pantai untuk mendengar segala kabar tentangnya melalui ‘telepon kerang’ .


—kalo jaman sekarang namanya LDR bang... hehehe...

Tapi semua perasaan Comet berubah saat Keisuke kembali. Keisuke yang dikenal Comet beserta kilauannya menghilang (Episode 40 - Keisuke that has Lost His Glow). Kepribadian Keisuke berubah drastis seperti tanpa semangat. Di sini ia telah menyadari dirinya adalah pangeran. Meskipun Keisuke kembali, Comet tetap menganggap Keisuke yang ia kenal belum kembali. Sang pangeran yang telah ditemukan akhirnya dipanggil untuk kembali ke kerajaan bintang. Kisah Comet yang di suruh kembali ke kerajaan bintang karena pangeran sudah ditemukan di warnai cerita yang mengharukan. Gimana ga sedih coba, Comet yang sudah banyak teman dan belajar sampe cinta ama planet bernama bumi di suruh pulang kampung ke rumah di kerajaan bintang. Sampe-sampe Comet mutusin komunikasi telepon ama bola bintangnya buat cuma pamitan sama orang-orang  yang dikenalnya. Dia pake kekuatan miracle power-nya buat nyebar pesan pamitan ke orang-orang terdekatnya. Comet emang didesak buat pulang bahkan anak-anak bintang dilarang kasih kekuatan star power-nya buat Comet.


Akhirnya orang tua Comet menjemputnya ke bumi. Mendengar Comet yang akan pulang, orang-orang terdekatnya berkumpul untuk mengucapkan selamat tinggal. Momen sedih ga bisa dihindari saat orang tua Comet membawa Comet pulang dan berpamitan dengan semua orang. Dengan star power-nya Ibunya Comet, seluruh dunia di-freeze, waktu berhenti, semua kegiatan di bumi diam, kecuali keluarga Comet, Rababou dan Rapapyon yang akan kembali ke negeri bintang. Dengan background musik yang mengharukan, Comet pulang dengan kereta bintang . Ingatan tentang kilauan dan kenangan tempat serta orang-orang yang dikenalnya di bumi diputar kembali. Ibunya pun menenangkan Comet yang sudah di tunggu oleh anak-anak bintang yang rindu kepada Comet. Hmph, benar-benar episode yang merepotkan. Jadi menitikkan air mata nih, eh elu ga lagi motong bawang lagi kan?

—eh, gua? Enggak bang, gua malah ke bawa suasana juga, jadi sedih hmph...


Berbarengan dengan momen perpisahan berakhir, pesta untuk menentukan pasangan pangeran kembali di gelar. Tak disangka sang pangeran menolak kedua putri bintang, Comet dan Meteor. Comet pun mengembalikan berlian  milik pangeran yang ia pungut dulu dan pulang. Comet terlihat kembali ngobrol bareng anak-anak bintang  menceritakan pengalamannya saat tinggal di bumi. Tiba-tiba Mira, Rababou dan Rapapyon muncul memberitakan bahwa pangeran kerajaan bintang Tamborin kabur lagi. Sepertinya pangeran ingin mengumpulkan kenangan di bumi setelah menerima berlian yang ternyata merupakan memory stone sama halnya dengan ‘bola bintang’ milik kerajaan bintang Harmonika.


Di akhir cerita Comet dan Mira kembali ke bumi lagi naik kereta bintang untuk mengejar pangeran lagi, begitu juga Meteor dan Karon. Tetapi Comet berubah arah ke daerah yang bukan sebelumnya. Menurut gua sih ke tempat Keisuke meraih cita-citanya. Karena setelah mendarat setting tempatnya langsung ada di sebuah kapal dan Keisuke terlihat sedang mencuci lantai. Tiba-tiba muncul Comet yang mengagetkannya sedang duduk di atas kapal, sempat saling menyalahkan sampai akhirnya Comet memberikan senyuman khasnya, dan serial anime pun berakhir.



—yeeh, the end...

Beloom, baru 1 karakter. Oiya ada satu hal lagi yang khas tentang Comet, yaitu saat orang-orang khususnya Tsuyoshi dan Nene memanggilnya : Kometto-san! , dia jawab : Haik! (Ya!). Coba bro kita ilustrasikan, lu manggil gua, tar gua jawab.


—males lah, tadi yang ilustrasi nendang bola beloman

Ya elah, ga jadi dah, merepotkan. Panjang juga ya bahasan karakter ini, ya mungkin karena pemeran utama. Ada gambar khas terakhir nih tentang Comet.


...




Putri Meteor


Nama karakter ini masih berhubungan dengan luar angkasa, beda dengan komet yang di tunggu-tunggu orang, meteor ini kadang menimbulkan bencana. Ya, agak sesuai sih dengan kepribadiannya yang di serial anime ini antagonis. Putri Meteor adalah rival Comet (ini juga mengajarkan penonton agar tak memiliki musuh) terutama dalam pencarian pangeran. Rivalitas ini di awali Meteor yang bercerita bahwa Comet dulu pernah membuatnya jatuh saat pertunjukan menari. Padahal itu juga salah Meteor sendiri dan Comet tak sengaja. Bahkan Comet pun tidak ingat kejadian itu sedikit pun.


Meteor adalah Putri dari kerajaan bintang Kastanyet, di awal episode terlihat dia hanya tinggal bersama makhluk bintang yang jadi maskotnya, Muuku. Di pertengahan episode terungkap dia juga tinggal bersama ibunya (yang juga ga kalah antagonisnya). Ciri khas orang di negeri bintang Kastanyet adalah rambut hijau dan pupil matanya yang merah.


Meskipun cuma sebagai pemeran sampingan, gua akui dia adalah karakter yang ekspresif banget. Desain karakter dan sifatnya yang 180 derajat berbanding terbalik dari si Comet. Comet yang anteng dan suaranya bikin adem, sedangkan Meteor yang bermuka kecut dan suka teriak-teriak (apa cuma perasaan gua kalo ni kartun pengisi suaranya emang amazing). Sepanjang gua tonton perjalanan Meteor di bumi, gua ngeliat kalo Meteor gak murni antagonis semua. Dia dasarnya emang baik, tapi ga suka ditunjukin karena rivalitasnya dengan Comet, jadi dia ga suka kalo bersikap persis seperti rivalnya.


Turunnya Meteor   ke bumi menyusul Comet yang mencari pangeran di sertai cahaya seperti bom atom, mungkin karena sesuai namanya. Untung turunnya di tengah laut.


—ngeri amat bom atom, mungkin pengarangnya inget kejadian perang dunia 2 pas ngarang ni anime...

Dia ke bumi bersama Muuku yang berupa burung ungu tapi bentuknya menurut gua lebih mirip bawang. Muuku tugasnya membantu tuannya mencari pangeran dan untuk terbang ke langit saat mengumpulkan kekuatan bintang, ya sama kayak Rababou-nya Comet. Suara maskot Meteor ini juga kocak. Meteor yang seharusnya mencari pangeran malah mengikuti Comet supaya jika Comet ketemu pangeran, Meteor tinggal merebutnya. Alasan ini di sadari Muuku kalo Meteor cuma ga mau susah-susah cari pangeran aja. Muuku mah nurut-nurut saja karena tuannya sering melampiaskan kekesalan padanya, kadang muka Muuku bonyok (emang dasarnya kalo Meteor ga mau nyakitin orang lain).


Perilaku Meteor yang selalu berprasangka buruk pada Comet yang akan melakukan sesuatu bahkan selalu mengawasi gerak-gerik Comet. Sampai ia merekrut Pani-kun sebagai mata-mata kerajaan bintang, seorang anak kecil yang bersekolah TK yang sama dengan Tsuyoshi-kun dan Nene-chan. Sebenarnya perekrutan dipaksa dengan kekuatan bintangnya Meteor (meski sementara). Di saat Comet terlihat melakukan sesuatu yang di curigai untuk menarik perhatian pangeran (padahal enggak), di situlah Meteor muncul untuk mengganggunya. Tapi niatnya untuk mengganggu Comet malah selalu berakhir dengan Comet yang semakin terbantu oleh segala usaha Meteor. Di sinilah beragam hal komedi muncul, ya karena sikap kasar Meteor yang malah membuat konyol dirinya, jadi bikin penonton ketawa.


Meskipun keliatannya Meteor dan Comet ga bisa berhubungan baik, sebagai rival kadang mereka bekerja sama loh. Beberapa episode saat Comet membutuhkan kekuatan bintangnya, Meteor tetap membantu meski agak kurang ikhlas. Contohnya di episode 7 (Fairies Living in Radiance), mereka berdua bekerja sama menyelamatkan nyawa seorang ‘peri sungai’. Ada satu episode yang bikin Meteor harus minta maaf ke Comet, di episode 12 (Rababou’s Kidnapping Incident) Pani curiga dengan hewan yang bersama Comet, lalu Meteor memberi Pani kekuatan, Pani lalu menculik Rababou. Pada akhirnya Rababou diselamatkan dan Meteor yang gak tahu apa-apa akhirnya minta maaf meskipun kesal harus memaksa Muuku menyampaikan maafnya.


—sudah kuduga ga ada tokoh jahat di sini... Tunggu dulu, lu yang jahat ke gua bang! Ilustrasi yang nendang bola beloman ini

Cukup ah ilustrasinya! Oke lanjut, gua belum ceritain di mana Meteor dan Muuku tinggal di bumi. Setelah Meteor tau di mana Comet tinggal, ia tak mau tinggal di rumah kecil seperti Comet, jadi Meteor memaksa tinggal di sebuah rumah mewah (mansion). Dengan kekuatan bintangnya ia membuat penghuni rumah itu mengenal Meteor seperti anaknya sendiri. Penghuni rumah itu adalah sepasang suami istri yang sudah tua. Mereka diketahui bernama Kojirou dan Tomeko (kalo diliat kata nama terakhir mirip Kometto) di episode yang cukup mengharukan bagi Meteor (Episode 17 – Meteo-san’s Tears . Di episode ini puncaknya saat Meteor bertemu orang asing yang dicurigai pangeran, Kojirou dan Tomeko tiba-tiba datang mengusir orang asing yang dianggap mengganggu Meteor. Meteor malah memarahi mereka karena membuat orang asing itu kabur dengan berkata bahwa tidak seharusnya Meteor memilih Kojirou dan Tomeko sebagai orang tuanya. Tanpa disadari Kojirou menampar Meteor dan memilih pulang menerima bahwa mungkin Meteor bukan anaknya. Comet yang ada di tempat kejadian pun membujuk Meteor pulang menemui Kojirou dan Tomeko. Sesampai di depan pintu rumah, Meteor mendengar Kojirou dan Tomeko mengenang anaknya yang bernama Misako yang sudah lama menghilang berubah menjadi bintang (gua mikirnya mungkin meninggal). Mereka berpikir kalo Misako datang kembali dan mengubah namanya menjadi Meteor. Kalo diliat, foto Misaku bener-bener mirip ama Meteor, cuma warna rambut dan matanya yang beda. Mendengar hal ini, Meteor menyadari bahwa ia tidak kebetulan memilih rumah itu menjadi singgahannya. Ternyata anak-anak bintang memberinya petunjuk agar tinggal di rumah itu, di sini konsep anak bintang selain punya kekuatan, juga punya kehendak (sama kasusnya kayak anak bintang ga mau kasih kekuatan ke Comet di akhir pas harus pisah dengan bumi).


Semenjak saat itulah Meteor lebih menghargai orang tua angkatnya. Sama seperti Comet, Meteor juga ada cerita romansanya, tapi di awal cerita percintaannya agak kocak. Soalnya, muncul karakter yang suka sama Meteor, yaitu Kakaknya Pani. Meteor ga suka dia karena dari penampilan kurang keren jadi ga mungkin pangeran, Meteor suka menjauh darinya. Terkadang pura-pura baik supaya reputasinya ga buruk di depan orang-orang dan pangeran.

Meteor juga bertemu dengan dua bersaudara dari negeri bintang Tamborin. Comet yang dekat dengan Mira maka Meteor lebih sering ketemu dengan Karon, Karon juga minta pertolongan Meteor agar menjadi laki-laki kuat seperti temannya. Di sini terlihat sisi Meteor yang membantu, ia menolong Karon dan Kakaknya Pani agar menjadi laki-laki yang kuat dan keren meski membantu dengan sikap tegasnya.


—perasaan Meteor juga princess dah, lu ga bahas mode princess-nya?

Oiya, sampe lupa tentang princess-mode-nya Meteor. Agak jarang sih Meteor nampilin princess-mode-nya, tapi ga kalah sama rivalnya, kostumnya keren, lebih sopan dan tertutup, dengan dominasi warna kuning dan ungu. Meteor juga punya princess-koi-mode-nya  sendiri. Berbeda dari Comet yang kekuatannya (miracle power) berasal dari perasaan cinta Rababou, Meteor membangun miracle power-nya dari perasaan cintanya sendiri (perasaannya terhadap Shun). Meteor ga menyangka dirinya bisa punya kekuatan baru, tapi princess-koi-mode Meteor menambah menarik anime ini. Kostumnya berubah drastis, dominan warna merah, dengan sedikit putih dan hijau. Kalung bintang dan tongkatnya menjadi berbentuk mawar merah.


Di atas dibahas kalo Meteor punya perasaan dengan Shun. Seperti Comet yang condong ke Keisuke, Meteor ternyata lebih tertarik kepada Shun, seorang penyanyi yang cukup terkenal di kota tempat setting anime ini. Di sinilah cerita romansa sebenarnya dari Meteor, Meteor yang awalnya hanya menghalangi Comet dari Shun yang dicurigai sebagai pangeran, lalu mulai nge-fans dan akhirnya jatuh cinta. Bakat menyanyi Meteor pun terlihat dan Shun yang awalnya hanya melihat Meteor sebagai fans biasa kemudian tertarik mengangkatnya menjadi partner dalam membuat lagu barunya.


Cerita romansa Meteor hampir sama dengan rivalnya, Comet. Yang tidak berjalan mulus dan terancam bad ending. Muuku yang melihat tuannya menyukai Shun dan melupakan tujuan utamanya ke bumi untuk mencari pangeran akhirnya memutuskan untuk memisahkan Meteor dan Shun, apalagi setelah mengetahui bahwa Shun bukan pangeran, tetapi gagal dan malah membuat mereka kian terlihat dekat. Tetapi, yang Meteor pikir Shun juga suka padanya ternyata tidak. Shun hanya menganggapnya rekan biasa, dan ciptaan lagu baru yang dinyanyikan Meteor pun ternyata dipersembahkan untuk Comet, karena Shun tertarik pada Comet sejak ia menyelamatkan dirinya. Hmph... ngeliat Meteor begitu, kayaknya i know that feel. It’s PAIN! (ini menjelang episode terakhir, emang ceritanya mulai mengharukan)


Puncaknya, saat pangeran akhirnya ditemukan, Meteor dipanggil untuk pulang ke negeri bintang. Tapi sebelum pulang, Meteor yang masih ada perasaan kepada Shun, membuat kenangan terakhir dengan menggunakan kekuatan bintang, Meteor membuat Shun agar jalan bersama, bernyanyi bersama, setidaknya untuk mengukir kenangan dan kilauan ke dalam ‘bola memori’ Meteor. Dengan bantuan Comet, akhirnya setelah mengukir kenangan, Meteor terpaksa menghapus ingatan Shun tentangnya dan bersiap pulang (Episode 42 -  A Way to Say Goodbye).


Perpisahan Meteor dengan bumi di mulai dari orang tua angkatnya, Kojirou dan Tomeko. Meteor menampilkan isi ‘bola memori’-nya  tentang Shun yang sudah rekam sebelumnya  kepada mereka, Meteor bilang ke mereka bahwa ia akan pergi ke tempat yang jauh demi Shun (alasannya Meteor berbohong, biar mereka ga sakit hati tentang anaknya untuk yang kedua kalinya), lalu di episode terakhir Meteor berpamitan, tampaknya Kojirou dan Tomeko sudah merelakan kepergian Meteor dengan lapang dada. Lalu datang Kakaknya Pani, memperlihatkan hasil latihannya, sikap Meteor sudah tidak menghindar lagi dan mengucapkan selamat atas latihannya. Lalu Pani datang, status mata-matanya diberhentikan, Meteor memanggil kendaraannya berupa kapal besar  dan Pani hanya terkejut. Sampai akhirnya Meteor berkata ‘sampai jumpa lagi’.


Di pesta kerajaan bintang, setelah pangeran menyatakan tidak memilih kedua putri bintang, Meteor menceramahi pangeran sedikit, lalu kembali ke kerajaan bintang, ibunya terlihat tidak keberatan tentang keputusan Meteor. Berbeda dengan Comet yang ngobrol dengan anak-anak bintang, Meteor mengatur anak-anak bintang di kerajaannya dengan tegas. Lalu muncul Karon dan Muuku yang ngasih tau kalo pangeran kabur ke bumi lagi. Meteor pun menyusul pangeran bersama Karon dan Muuku dengan kapal besarnya, Meteor melihat kereta bintang Comet yang berubah arah, tetapi bukan itu yang penting, Meteor akhirnya malah menyesal karena menghapus ingatan Shun padahal dia akan balik ke bumi lagi.


...


Keluarga kerajaan bintang Harmonika

Ada karakter yang mengisi beberapa episode saat Comet di bumi. Mereka ikut mengawasi Comet karena termasuk dalam keluarganya, yaitu Raja dan Ratu Harmonika dan Higenoshita. Rambut mereka khas warna merah muda, ada yang aneh yaitu warna pupil matanya yang tidak seragam. Raja dan Comet matanya biru, tapi Ratu matanya hijau, warna yang sama seperti bibi Comet di bumi, Spica. Karakter Ratu lebih membebaskan Comet saat hidup di bumi, mungkin karena Ratu pernah juga tinggal di bumi, jadi tahu gimana rasanya. Berbeda dengan Raja dan Higenoshita yang terlalu mengkhawatirkan Comet. Di suatu episode pernah Raja menghubungi Comet secara diam-dian, namun ketahuan Ratu karena sudah diperingatkan untuk tidak mengganggu Comet.


Keluarga ini di episode tertentu turun ke bumi, pertama Higenoshita (Episode 23 - Glow of Higenoshita). Dia yang sebelumnya hanya mengirim beberapa makhluk bintang untuk membantu Comet akhirnya muncul di episode ini. Dia menyamar sebagai anjing kecil, masih keliatan jenggot khasnya. Anjing kecil ini juga disukai ayah angkat Comet di bumi, Keitaro-papa. Lalu Raja yang turun ke bumi menyamar menjadi Santa dan mengajak Comet berbagi hadiah dan melihat kilauan orang-orang yang menerima hadiah (Episode 39 - The Christmas Starman). Raja pun melihat putrinya bahagia di malam turunnya salju. Sebenarnya Comet juga tau kalau ayahnya sedang menyamar. Dan hanya Ratu yang turun ke bumi di episode terakhir saat penjemputan Comet. Ratu pernah berencana ke bumi tapi gagal karena ada masalah di jalan (Episode 14 - The Star World's Tanabata Legend).


...



Keluarga Fujiyoshi



Di rumah keluarga inilah Comet tinggal saat di bumi. Sepasang suami istri dan kedua anak perempuan dan laki-laki yang kembar, yaitu Tsuyoshi-kun dan Nene-chan. Ayah mereka bernama Keitaro-papa dan ibunya Sayaka-mama. Ada hal unik di keluarga ini yaitu Keitaro-papa membuat peraturan di keluarga ini, namanya ‘Konstitusi Rumah Fujiyoshi’, terkadang papa mengatakan peraturan ke keluarganya hingga detail sampai nomor peraturannya. Bahkan Tsuyoshi, Nene, dan Comet sampai tak sengaja menghafalnya.


Orang tua di keluarga ini semuanya bekerja, Keitaro-papa seorang pelaut, memiliki kapal , memiliki kebun, dan membuat rumah. Semua pekerjaannya adalah hobinya. Keitaro-papa bekerja di laut bersama Keisuke yang menjadikannya guru. Keitaro-papa juga membuat rumah di suatu pedesaan yang ditinggali oleh keluarga Spica. Bisa di bilang dia adalah sosok ayah yang hebat, bahkan menyebut rumahnya sebagai kerajaan, menyebut dirinya Raja dan istrinya Ratu, dan juga anak-anaknya sebagai prince dan princess. Inilah yang membuat Comet tertarik karena melihat papa memiliki kilauan. Sedangkan Sayaka-mama memiliki toko oleh-oleh di dekat pantai. Kadang Comet membantunya bekerja di toko. Mama juga menyukai Shun, salah satunya  di Episode 37 - The Mischievous Cupid terlihat mama selalu menonton Shun di TV.


Salah satu yang menarik di keluarga ini adalah dua anak kecil  yang lucu dengan segala tingkah lakunya. Tsuyoshi dan Nene lah yang juga memberi panggilan Comet-san dengan Komatta-san (wajarlah masih TK, suka belepotan ngomongnya). Awalnya hanya mereka berdualah yang di perlihatkan kekuatan bintang oleh Comet karena sudah menolong Comet (karena kalo kekuatan bintang diketahui manusia bumi bisa bahaya). Semenjak saat itu mereka bertiga sering tampil di banyak episode. Tsuyoshi dan Nene lah awalnya satu-satunya orang yang ditakuti Rababou, ya, kayak gimana sih anak-anak kalo liat mainan aneh. Hanya mereka berdualah manusia bumi yang mengenal Rababou. Tsuyoshi dan Nene bersekolah di TK-nya Yuuki-sensei, satu sekolah bersama dengan Pani-kun. Ada 3 murid di sini yang menyukai Tsuyoshi-kun, yaitu Ai, Mai, Mii-chan. Kocak dah pas mereka bertiga ngejar Tsuyoshi yang takut sama mereka, Nene-chan pun berusaha menyelamatkan Tsuyoshi karena alasan Tsuyoshi disukai 3 perempuan itu karena mukanya mirip Nene.


—masih kecil sudah terkenal gitu, kalo lu gimana bang?

Hmph..., gua ga pernah TK, di lingkungan gua saat itu masuk TK adalah 'sunnah'. Oke, kalo diliat sih, keluarga ini adem-adem harmonis gitu, tapi ada, lah, kalanya konyol dan juga berantem. Tapi bagaimanapun, Comet bahagia memilih mereka untuk jadi keluarga angkatnya. Di episode 32 - Nokoshitao-bake Arrives, saat itu Keitaro-papa baru pulang setelah mengantar Keisuke ke Australia untuk meraih cita-citanya. Pas di pelabuhan terlihat Comet sangat di terima jadi bagian dari keluarga Fujiyoshi.

...


Pani


Udah dibahas kalo karakter satu ini seorang anak usia TK yang juga dimanfaatkan Meteor sebagai mata-mata. Pani-kun memiliku sifat agak berbeda dibanding anak seusianya, ia selalu menggunakan logika. Jadi dia agak ga percaya  jika melihat sihir dari Comet atau Meteor. Penampilannya kadang muncul dan keluarganya yang memiliki gaya rambut yang sama dan kacamata. Di episode akhir ia masih aja teriak-teriak saat Meteor mengeluarkan kapal besarnya untuk pulang. Ciri khasnya adalah selalu ngomong fortissimo (kayanya bahasa Italia).


Pani-kun punya kakak (keliatan gaya rambut mereka sama) yang kadang muncul hanya untuk mengagumi Meteor. Meskipun Meteor ga suka, akhirnya saat Meteor akan pulang ke negeri bintang, dia ketemu dan mendapatkan pujian terakhirnya.


...


Bibi Spica


Pertemuan Comet dengan bibinya muncul eksklusif di episode 19 - Another Comet. Awalnya Comet emang ga tau kalo keluarga yang tinggal di rumah buatan Keitaro-papa salah satunya bibinya. Bibi Spica tinggal di bumi sudah lama dan menikah dengan manusia bumi yang bernama Hiragi. Keluarga Hiragi dan Fujiyoshi memang dekat. Bibi Spica juga mengubah nama saat di bumi menjadi Miho. Jadi Hiragi hanya tahu istrinya namanya Miho. Di episode ini ceritanya keluarga Fujiyoshi nginep, pas Comet akan menggunakan kekuatan bintang, diam-diam Spica memperhatikan. Spica pun memberanikan diri membantu Comet yang kekurangan kekuatan bintang, tapi ia tidak bisa karena sudah tidak berhubungan dengan hal-hal berbau kekuatan bintang. Akhirnya ia memanggil makhluk bintang yang tinggal di hutan yang ternyata dulunya maskotnya, bernama Rapapyon. Melihat orang yang tak asing bagi Comet, Spica mengaku dia adalah bibinya. Pertemuan mereka berdua sebenernya atas kehendak anak-anak bintang juga (sama halnya Meteor ketemu Kojirou dan Tomeko).


Ga heran kalo Spica adalah keluarga Comet dengan rambut pink-nya dan pupil mata hijau. Saat tahu keponakannya ke bumi, Spica mulai bertelepon dengan Ibunya Comet. Mereka saling melepas rindu karena Bibi Spica memutuskan tinggal di bumi selamanya (hampir sama kayak Ratu berkunjung ke bumi tapi Ratu ga tinggal di bumi). Karakter bibi Spica hampir mirip dengan Comet yang baik dan feminim, ia terkadang membantu dan mendengarkan curhatan Comet di beberapa episode. Dia juga yang ngenalin ke Comet miracle power (kekuatan cinta) yang masih banyak misteri. Di episode terakhir saat perpisahan Comet dan bumi, bibi Spica terlihat muncul untuk mengucapkan selamat tinggal ke Ibu Comet yang menjemput.


...


Asuka dan Michiru

Kedua karakter ini adalah atlet baton twirling yang teman satu tim baton Comet. Asuka Kurata muncul saat berlatih baton dan menyemangati temannya yang seorang atlet baseball di sekolah yang bareng dengannya, bernama Kiyochi Takai-kun (Episode 11 - The Power of Baton) Asuka-san juga jadi guru baton bagi juniornya (Episode 16 - Let's Search for the Palace of the Dragon King). Asuka seumuran dengan Comet, dia selalu terlihat dengan pakaian birunya.


Sedangkan Michiru Moriwaki adalah salah satu junior Asuka, jadi dia  lebih muda dari Comet. Selain itu, Michiru-chan sering terlihat dengan pakaian kuning. Di episode 33 - Like a Princess at times, dia muncul lebih lama yaitu saat Meteor membantu latihan batonnya. Michiru karakternya cengeng dan merupakan anak yang polos. Kedua karakter ini cukup menarik bagi gua, karena gaya rambut mereka unik dan menggambarkan anak perempuan yang baik.


...

Mira dan Karon


Kedua karakter ini adalah kakak beradik dari kerajaan bintang Tamborin, gua ga tahu alasannya mereka turun dan hidup di bumi apakah cari pangeran atau tidak karena subtitle anime-nya yang ga ada. Tapi di episode 24 - The Sibling from Tambourine Star Country, mereka muncul dan meminta tolong ke Comet dan Meteor. Mereka minta tolong karena kesusahan hidup di bumi. Mira punya masalah dengan sekolahnya, Karon punya masalah dengan teman-temannya. Mereka juga keliatan kekurangan bantuan anak-anak bintang karena ga seperti Comet dan Meteor yang punya Rababou dan Muuku untuk mengumpulkan kekuatan bintang.


Mereka akhirnya di bantu oleh Putri Comet dan Meteor, di episode 25 - The Forgotten Brilliance, Comet membantu Mira dengan guru sekolahnya dan Meteor melatih Karon agar tak dicemooh teman-temannya. Comet meminjamkan mereka Rapapyon atas izin bibi Spica untuk membantu mereka. Mira dan Karon yang jago main baton juga masuk ke tim baton bersama Comet, Meteor, Asuka, dan Michiru.


Penampilan mereka berdua emang khas orang negeri bintang Tamborin, warna rambut yang kuning serta pupil matanya ungu. Mira dan Karon yang termasuk orang negeri bintang tentunya memiliki princess-mode dan prince-mode. Itu bisa dilihat di episode 33 - Like a Princess at times dan episode terakhir saat pangeran akan memutuskan putri mana yang akan jadi pasangannya.


...


Yuuki-sensei


Guru TK ini emang karakternya baik, sabar dan tegar. Keahliannya yang bisa mengatasi kelakuan anak kecil yang agak merepotkan membuat Comet kagum pada kilauannya, meskipun pertemuan pertama mereka juga, hmph, merepotkan.


—oh, yang mukanya ketendang bola itu ya bang

Hmph..., gua lagi ga bahasa tendang-menendang kali ini.

—ya ngambekan

Guru Yuuki ini juga mudah bergaul. Berteman dengan Comet, Yuuki-sensei juga berteman dengan teman Comet, terkadang bersama Kashima untuk mengajari muridnya seni. Dan juga bahkan mengajari Gurunya Mira atas inisiatifnya Comet mempertemukan mereka.


...


Kashima


Karakter ini keliatan lebih tua dibanding Comet (seumuran Yuuki-sensei), tapi ia dicurigai sebagai pangeran (Episode 06 - Something to Put in the Store) tapi setelah Comet bertanya langsung, Kashima malah tidak mengerti,  akhirnya dia memang bukan pangeran yang dicari-cari. Kashima di lihat Comet memiliki kilauan sebagai orang yang baik dan peduli. Ia adalah seorang seniman seni rupa, terkadang mencari ranting pohon dipinggir pantai untuk dibuat karya seni, ia juga mengajari anak-anak di TK-nya Yuuki-sensei seni tanah liat. Penampilannya yang dewasa, ia terlihat akrab dengan teman-teman Comet, khususnya dengan Yui-san yang juga sama-sama seniman.


...



Yui


Yui dan Comet bertemu tak sengaja saat Comet ingin mencari orang yang bisa membuat pakaian. Yui yang seorang desain pakaian dilihat Comet mempunyai kilauan, tapi desain pakaian pernikahannya ditolak gurunya, Hanamura-sensei. Seketika kilauan yang dilihat Comet memudar. Akhirnya Comet dan juga Meteor (yang selalu ikut campur kegiatan Comet) membantu Yui untuk mempromosikan desainnya ke semua orang. Tapi bukannya bahagia, Yui malah memahami dan belajar kenapa desainnya di tolak gurunya.


Di episode 28 - Can I Help, Yui sudah cukup sukses dengan desainnya yang akan di tampilkan. Comet juga akan membantunya dengan jadi model di fashion show-nya, tapi akhirnya digantikan Meteor. Di episode 27 - Keisuke Dream, Yui-san terlihat bersama dengan teman senimannya, Kashima, mungkin mereka ada hubungan lebih dekat satu sama lain?


...


Imagawa Shun

Seorang laki-laki berusia sekitar 14 tahun yang merupakan penyanyi  yang cukup terkenal saat itu dan menjadi idola baru terutama para wanita. Gaya musik yang ia ciptakan juga berbeda dari musisi kebanyakan, di masa lalu Shun adalah pengamen jalanan, sampai akhirnya seorang agen musik bernama Kuroiwa memperkenalkannya kepada bosnya. Tapi di tolak akibat gaya musiknya. Meskipun terkenal, Imashun adalah penyanyi yang baik, ia mementingkan menyapa penggemarnya meskipun dia sibuk, dan tetap mengikuti jadwal panggung meskipun ia kelelahan. Sampai ia bertemu Comet yang sedang membuat awan untuk tidur, Shun yang kelelahan ketiduran di atas awan (Episode 09 - Cradle of Cloud). Pertemuannya dengan Comet membuat Shun menganggapnya seperti malaikat karena telah membantunya saat kelelahan.


Ketertarikannya dengan Comet membuat Shun ingin selalu melihatnya bahkan saat ia ditengah-tengah kesibukan. Imashun karakternya pemalu, namun ia mudah mengeluarkan isi perasaannya. Sampai di suatu ketika Imashun sempat sepeti kehilangan jati diri dan kilauannya karena makin ia terkenal, job menyanyinya berkurang karena harus syuting iklan dll. Di episode 15 - The Shadow-person's Challenge, Comet yang menanyakan asal Shun berasal (untuk mengetahui ia pangeran atau bukan)  membuat Shun teringat jati dirinya (dan juga kilauannya) yang dulu pernah mengamen. Ketika Comet menanyakan apakah berlian (memory stone) tersebut punyanya atau bukan, Shun mengembalikannya (di sini emang Shun keliatan bukan pangeran, tapi penyelidikan masih berlanjut).


Shun yang melihat Comet yang membantunya membuat ia membuat lagu khusus, dengan melibatkan Meteor. Di episode 36 - Everybody is Prince, Shun yang menceritakan masa lalunya ke Comet, terungkap Shun yang dulu mempunyai masalah dengan ibunya. Malamnya, Shun konser, dan Comet serta Meteor akhirnya menyadari bahwa Imashun bukanlah pangeran (karena ibu Shun bukan dari negeri bintang). Di akhir serial, Shun yang telah membuat kenangan dengan Meteor akhirnya lupa dengan ingatan tentang Meteor dan Comet meskipun masih mengingat kedua nama itu.


...


Keisuke Mishima




Seorang remaja  pencinta  laut  yang menjadi murid Keitaro-papa. Pertama kali muncul dan ketemu Comet di episode 03 - Tunnel of Stars, Keisuke terlihat bekerja di laut bersama papa. Ia bercita-cita menjadi lifeguard (penjaga pantai) terbaik di dunia karena ia menganggap tidak ada yang perlu ditakutkan dari laut. Di episode ini ia bertemu Comet dengan muka datar. Comet tidak melihat kilauan yang terpancar dari Keisuke, meskipun awalnya Rababou mendeteksi adanya kilauan. Bahkan Keisuke menyebut Comet baka (bodoh) saat Comet menyapanya. Comet yang niatnya berteman, malah tidak menyukai Keisuke. Keitaro-papa yang melihat itu mengatakan bahwa Keisuke sebenarnya orang baik, kau tidak bisa menilai seseorang dengan sekali bertemu.


Sifat Keisuke yang keras kepala, pemalu dan selalu menyembunyikan perasaannya serta menganggap Comet sebagai pengganggu, bahkan menyebutnya bodoh selalu terjadi di sepanjang episode. Meskipun begitu, Comet tetap menganggapnya teman bermain dan peduli terhadapnya. Di episode 13 - Night of the Sewing-people, Keisuke yang berlatih dengan teman-temannya cedera dan membuat Comet harus menyamar menjadi suster untuk mengobati kakinya karena Keisuke harus sembuh cepat untuk ikut tes lifeguard. Di akhir cerita Keisuke yang ditanya kenapa bisa sembuh cepat oleh teman-temannya, menjawab kalo ia didatangi malaikat lucu (imut) yang menyembuhkannya saat ia tidur, Rababou dan Comet yang mendengarnya dari jauh membuat Comet malu. Biasanya Keisuke menyebutnya baka akhirnya menyebut Comet lucu meski ia tak menyadari kalo Comet-lah yang mempercepat penyembuhannya. Di episode inilah diketahui Keisuke tinggal sendiri di sebuah rumah, karena inilah Keisuke dicurigai sebagai pangeran yang dicari-cari Comet dan Meteor.


Karena sifat Keisuke yang tak bisa mengungkapkan perasaan dan Comet yang tak pengalaman dalam hal perasaan, membuat beberapa kali mereka terlihat marahan meskipun suka sama lain. Namun ada di episode lain kadang mereka akur, misalnya saat Keisuke yang terlihat berkompetisi untuk tes lifeguard, Comet menyemangatinya. Keisuke kadang melihat Comet menyemangatinya dalam keadaan mode princess, tapi Keisuke hanya tersenyum dan menganggapnya sebagai khayalannya saja. Tapi semangat Comet juga-lah yang membuatnya berhasil menjuarai tes. Bahkan Keisuke juga terlihat cemburu saat Shun bertemu Comet.

Di episode 21 - The Magical Power of Love, Keisuke akhirnya tidak malu menerima Comet sebagai temannya. Comet baru menyadari adanya perasaan dirinya dengan Keisuke yang Comet tak tahu apa perasaan itu saat pulang dari menginap di rumah bibi Spica (jadi lama ga ketemu Keisuke). Malah gantian Comet yang agak canggung menyapa Keisuke. Di episode ini  Keisuke melihat Comet seperti menjauhinya akhir-akhir ini, jadi Keisuke yang ingin menerima Comet jadi batal. Bahkan ia lebih mengkhawatirkan Meteor dan menghiraukan Comet yang membantu menyelamatkan Meteor. Comet yang merasa diabaikan oleh Keisuke bahkan tidak nyaman untuk tidur (mungkin karena cemburu). Di akhir cerita di episode ini Keisuke yang menganggap Comet seakan-akan membencinya akhirnya menyuruh Comet agar tidak memaksa untuk berteman dengannya bahkan menyuruh Comet untuk menjauhinya. Comet yang menganggapnya sebagai suatu kesalahpahaman hanya menangis karena akhirnya mengerti apa nama perasaan yang melandanya itu.


Mungkin karena melihat semangat Comet yang selalu melakukan yang terbaik bagi teman-temannya, membuat Keisuke ingin melakukan terbaik bagi dirinya untuk meraih cita-citanya. Akhirnya ia memutuskan ke Australia untuk magang sebagai lifeguard. Bersama Keitaro-papa, Keisuke berangkat dengan kapal (Episode 28 - Can I Help) dan sempat mengatakan selamat tinggal dengan berteriak di atas kapal, Comet (beserta Tsuyoshi-kun dan Nene-chan) yang melihat mereka dari kejauhan membalasnya dengan nambahin kata baka. Wkwkwk.


Perjalanan ke Australia tidak mulus, ada saat kapal mereka terkena badai, di sinilah diketahui masa lalu Keisuke (Episode 29 - The Storm of Castanet). Keisuke menyelamatkan orang yang tenggelam di badai, tapi ia juga tenggelam. Comet yang selalu mengawasi dengan ‘telepon kerangnya’ datang menyemangati Keisuke yang tenggelam. Masa lalu Keisuke terungkap saat di tengah badai, muncul ingatannya tentang ayahnya yang tidak selamat saat badai di laut. Keisuke yang selamat pun ingat kejadian itu dan berenang ke permukaan. Ini mungkin yang jadi motivasinya biar jadi lifeguard terbaik, agar tak melihat masa lalunya yang kelam. Di episode ini juga bikin gua ragu apa si Keisuke pangeran atau tidak karena dilihat dari ayahnya yang bukan dari negeri bintang.


Di akhir episode 39 - The Christmas Starman, tiba-tiba Keisuke muncul ke rumah Fujiyoshi, tapi ada yang aneh di sikapnya yang tidak biasa. Ia tidak bersemangat dan dari mukanya juga keliatan malas, dan ada makhluk bintang yang mengiringinya seperti bulan dengan pakaian tidur dan mahkota (gua menyebutnya moon-people, artinya makhluk bulan, ini gara-gara ga ada subtitle-nya juga). Makhluk ini sebenernya sudah muncul sebelumnya sebagai pengganti saat Rababou dan Muuku yang ada di pengadilan negeri bintang (Episode 34 - Star Bond), ia diketahui berasal dari kerajaan bintang Tamborin. Episode selanjutnya (Episode 40 - Keisuke that has Lost His Glow) Comet yang merasa aneh dengan Keisuke yang tidak biasanya ia kenal. Ia mencoba mengingatkannya tentang cita-citanya dan kesukaan Keisuke akan laut, tapi Keisuke tidak suka, ia seperti kehilangan kilauannya. Bahkan setelah Meteor, Mira dan Karon menemuinya. Comet memaksa Keisuke terjun ke laut dan menampilkan gambaran semua kilauan-kilauan Keisuke yang dulu, tapi Keisuke yang ini menolaknya dan malah tenggelam, agak aneh sih, dia yang ingin jadi lifeguard tiba-tiba ga bisa renang di episode ini.


Tapi Comet tak putus asa, ia mencoba untuk mengembalikan kilauan Keisuke yang dulu. Comet mengajaknya ke TK Yuuki-sensei dan mengajarkannya tentang kilauan Yuuki­-sensei dan murid-muridnya (juga ada Kashima di sana), mengajaknya ke Yui-san dan memberitahu tentang kilauan Yui yang seorang desainer. Lalu mengajaknya ke studio tempat Shun dan Meteor sedang rekaman, dan mengajarkan Keisuke tentang kilauan Shun yang ingin menjadi penyanyi terkenal (Episode 41 - Someone from Tambourine Star Country). Tapi semua usaha Comet sia-sia, kilauan Keisuke tetap tiada. Comet pun pergi dan curhat ke bibi Spica, dengan bantuan sewing-people, Comet memutuskan menyamar jadi laki-laki agar tegar menghadapi Keisuke. Di malam episode ini Keisuke di kejar-kejar balon udara dari negeri bintang Tamborin, Comet pun menyelamatkannya dengan membawanya ke pinggir pantai, ia agak berseteru dengan Keisuke dan hampir menghajarnya. Comet tahu bahwa kilauan Keisuke yang menghilang itu karena dia adalah seseorang pangeran kerajaan bintang Tamborin yang menyamar jadi Keisuke palsu ini.


Comet yang sedih pun mengabaikan Keisuke palsu ini dan tetap mencoba menghubungi Keisuke yang ia kenal dengan ‘telepon kerang ’nya meski tidak bisa. Akhirnya Keisuke palsu terkejar oleh para makhluk bintang Tamborin. Penampilan Keisuke berubah menjadi pangeran oleh makhluk bintang Tamborin yang seperti kadal. Diketahui dari omongan kadal itu bahwa pangeran itu bernama Denka dan harus pulang ke kerajaan bintang. Mendengar pangeran yang akan pulang, Comet meminta pangeran berubah lagi jadi Keisuke dan menyuruhnya untuk berpamitan dengan keluarga Fujiyoshi yang telah menolongnya. Pangeran pun setuju dan di episode 42 -  A Way to Say Goodbye, pangeran berpamitan dan berterima kasih ke keluarga Fujiyoshi (dengan wujud Keisuke tentunya). Dengan ditemukannya pangeran yang dicari, berita penemuan pangeran Tamborin akhirnya tersebar ke seluruh kerajaan bintang dan mengharuskan Meteor dan Comet untuk meninggalkan bumi yang mulai mereka cintai.


Akhirnya di episode 43 - The Brilliance that Shines Through the Eyes, pangeran harus memutuskan memilih pasangannya di suatu pesta kerajaan seperti di episode pertama. Tapi pangeran tidak memilih keduanya, mungkin baiknya tiap putri/pangeran mengurus anak-anak bintang kerajaannya sendiri (ini menurut gua ya, masih gara-gara ga ada subtitle-nya). Di akhir cerita pangeran kabur lagi ke bumi, kali ini ia mencari kilauan dan kenangan seperti yang Comet dan Meteor lakukan. Dengan memegang berlian hijau yang dikembalikan Comet yang merupakan memory stone-nya, ia melihat kegiatan Comet selama di bumi (ini terjadi karena memory stone-nya disimpan di ‘bola bintang’-nya Comet selama di bumi). Dia pergi dengan balon udara bersama makhluk bintang yang ternyata maskotnya, moon-people.


Di bagian paling akhir serial, di setting tempat yang kayaknya di Australia (ini tempat yang dituju Comet yang berbeda arah saat ke bumi dulu), Keisuke sedang mencuci lantai kapal, lalu terkejut dengan kehadiran tiba-tiba Comet yang menyapanya di atas kapal. Perkataan khas Keisuke (gua ngeliatnya dia Keisuke yang asli) muncul saat membalas sapaan Comet, yaitu baka. Meskipun begitu, Comet tetap senang menemukan Keisuke yang ia kenal biasanya.


...



Makhluk bintang



Ga afdol rasanya kalo kartun ini ga kita bahas tentang karakter yang unik di banding kartun lain, ya makhluk-makhluk dari negeri bintang selain 3 karakter makhluk bintang yang sering muncul yaitu maskot dari Putri bintang. Karakter ini ga cuma unik, tapi bisa berkomunikasi dan suaranya juga lucu-lucu.


Dimulai dari episode 07 - Fairies Living in Radiance, bernama grasshopper person (gua ngartiinnya jadi ‘bangsa belalang’). Dia adalah makhluk negeri bintang Harmonika, keliatan dari tutup kepala pink-nya, dia mirip sekumpulan belalang hijau. Dia terlihat seperti pasukan tentara kecil saat menangkap Rababou yang dinilai tidak membantu Comet.


Lalu episode 11 - The Power of Baton, muncul makhluk negeri bintang Harmonika yang diutus Higenoshita untuk membantu Comet yang sedang khawatir. Namanya worry-resolution person (bangsa penghapus kekhawatiran). Penampilannya mirip dokter tua dengan stetoskop yang bisa tau isi hati seseorang, di episode ini ia membantu Asuka menyemangati Kiyochi dalam pertandingan baseball.


Di episode 13 - Night of the Sewing-people, ada makhluk Harmonika kiriman Ratu atas permintaan Comet yang ingin menyamar. Namanya sewing-people (bangsa penjahit). Makhluk ini ada 3 orang mirip peri yang membawa peralatan menjahit dan bisa mengubah rupa seseorang dengan cepat. Di episode ini Comet menyamar jadi suster yang akan mengobati Keisuke, tapi sebelum itu, sewing-people belajar desain dan juga kilauan dari perawat di bumi. Saat nyamar jadi perawat, Comet belajar kalau perawat itu memiliki kilauan sebagai orang yang tegar, kuat dan sabar. Di akhir episode ini Comet dan Tsuyoshi serta Nene belajar menjadi orang-orang dengan profesi yang berbeda-beda dan tentunya kilauan yang berbeda-beda dengan bantuan sewing-people.


Sewing-people  lebih sering muncul selain 3 maskot tadi. Comet kadang memanggilnya contohnya saat mengubah Meteor menjadi berpura-pura penyihir untuk membantu latihan Michiru-chan, menyamarkan Comet jadi laki-laki untuk menghadapi Keisuke yang kehilangan kilauannya, dan mengubah Comet di episode 37 menjadi seperti pendekar pedang ala barat untuk menghindar dari kejaran Muuku dan Meteor.


Selanjutnya ada makhluk Harmonika bernama shadow-person (bangsa bayangan) di episode 15 - The Shadow-person's Challenge. Penampilannya serba hitam dan bisa menyamar jadi bayang-bayang orang lain. Di episode ini dia membantu Comet menyelidiki orang yang dicurigai sebagai pangeran, yaitu Shun. Dia juga yang membuat Comet bisa bertanya dari mana asal Shun dan mencoba mengembalikan berlian hijau yang ia pungut, tapi Shun mengaku tidak memiliki berlian itu. Shadow-person juga muncul di episode 34 saat mengadili Rababou di pengadilan bintang.  Dia juga menyarankan Comet menyelidiki Keisuke yang juga di curigai sebagai pangeran.


Terakhir, di episode 37 - The Mischievous Cupid, ada makhluk dari negeri bintang Kastanyet, kali ini yang manggil Muuku, gua ga tau namanya karena lagi-lagi ga ada subtitle. Hmph, tapi sesuai judul episode, makhluk ini adalah sejenis Cupid (peri jodoh) dengan panah asmaranya. Muuku memanggilnya untuk memaksa Shun dan Comet agar saling suka karena gara-gara Shun, Meteor jadi ga fokus dengan tujuan mencari pangeran. Tapi akhirnya usaha Muuku malah gagal, karena Meteor makin dekat dengan Shun dan juga Cupid yang salah sasaran panah yang seharusnya Comet, malah kena Rababou.


...

Oke, itulah makhluk-makhluk bintang yang gua kira konsepnya pas banget buat gambarin ilmu astronomi ke penonton anak-anak. Oh iya, nama-nama makhluk di atas itu dalam bahasa Inggris (karena subtitle-nya Inggris). Kalo dalam bahasa aslinya yang Jepang kayaknya lebih unik lagi namanya.

Dan penutup seri karakter ini, gua nyajiin informasi yang cukup penting, yaitu para pengisi suara anime ini, agak kurang lengkap sih, tapi berkat mereka-lah gua (dan anak-anak beruntung lain) bisa menikmati keunikan dan kelucuan karakter serial anime ini.

Para pengisi suara :
Aki Maeda                          Putri Comet (suaranya halus dan adem, dubbernya juga ga ya?)
Chieko Honda                    Putri Meteor (suaranya tegas banget, apalagi kalau marah)
Kurumi Mamiya                      Tsuyoshi  (ini memang jagonya dubber anak kecil)
Nao Nagasawa                  Muuku (dubbingnya mirip suara orang nutup hidung)
Yumiko Kokonoe              Ratu (dubbernya katanya mantan pemeran di drama Princess Comet)
Kumiko Ohba                     Spica / Miho Hiragi (mirip suaranya Ratu, mungkin karena masih bersaudara)
Mayumi Asano                  Keisuke (tidak spesial sih, tapi lumayan bagus suaranya)
Miina Tominaga                Sayaka (yang ini lumayan juga)
Hiroki Shimowada            Imagawa Shun (ini lumayan juga)
Jin Yamanoi                        Keitaro Toukichi (lumayan juga)
Sanae Kobayashi              Yuuki (juga)
Sayaka Aoki                        Rapapyon (juga)
Taeko Kawata                    Rababou (ini juga)
Yasuo Iwata                        Raja (ini juga juga)
Yuki Matsuoka                  Nene (ehmm, ini... agak beda sih, tapi... hmph..., lumayan juga) 

2.  Cerita yang mengajarkan pelajaran hidup



Setelah bahas para pemeran, enaknya pasti harus bahas cerita di serialnya. Kalo menurut gua sih tiap episode emang bagus dan aman ditonton anak-anak karena ada moral value-nya. Di awal dan akhir tiap episode ada semacam review, pelajaran dan kesimpulan dari cerita yang di dubbing ama si pemeran Ratu. Contoh pelajaran hidupnya adalah di episode 05 - Slow and Steady Kingdom-Making, di situ Comet belajar bercocok tanam, tapi ia membantu mempercepat panen dengan kekuatannya tapi Keitaro-papa mengatakan kalo sabar dan menunggu panen perlahan-lahan itu akan lebih enak hasilnya. Di akhir cerita episode ini ada review yang disampein Ratu : “maka tidak usah cepat-cepat bertemu (dengan pangeran), nanti tidak menyenangkan lagi. Seperti merawat anak-anak, perlahan-lahan merawat mereka hingga tumbuh dewasa, karena itu adalah masa-masa yang indah”. Terus nuansa genre romansa di anime ini menurut gua masih wajar, karena ga ada adegan merepotkan buat anak-anak. Yang unik yang hampir tiap episode ada adalah genre magical girl-nya, yaitu scene ngumpulin kekuatan bintang dan perubahan mode princess-nya Comet dengan mantra-mantranya. Tapi di episode akhir-akhir, scene perubahan mode ke princess-nya di potong jadi pendek, ya, mungkin karena pengarang mau fokusin ke cerita yang akan berakhir.


Karena anime ini nekenin pemeran utamanya, jadi penonton seperti di buat ngefans ke Comet. Karakter, sifat dan tingkah lakunya yang baik juga bikin penonton diajarin agar jadiin Comet idola dan contoh baik. Jadi gak langsung pemeran juga menyajikan pelajaran hidup buat yang nonton. Ngomongin alur, jalan cerita serial anime ini hampir berfokus ke pencarian pangeran yang hilang, jadi per episode berkaitan. Tapi di pertengahan episode terfokus ke potongan kehidupan sehari-hari para pemeran (Comet dkk.) di bumi. Ada satu episode yang unik dan beda dari episode lain menurut gua, yaitu episode 18 - The Fighting Robot. Episode ini kayak niru anime lain yang saat itu lagi terkenalnya robot-robot mekanik raksasa yang melindungi bumi.


Selain itu, karena ini kartun Jepang, ada budaya sana yang ditampilin. Episode 14 - The Star World's Tanabata Legend bikin gua kenal tentang cerita legenda Tanabata  (masih ada kaitannya dengan bintang), ga di kartun ini juga, tapi anime lain juga ada yang nampilin budaya ini. Jadi ngiri aja sih, mereka kenalin budaya asli mereka lewat kartun yang di ekspor. Kalo di budaya Indonesia yang ditampilin di kartun udah ada yang buat belum ya?




3.    Kekuatan dan Imajinasi




Anime yang beraliran magical girl pasti ada bagian cerita yang gak masuk akal, tapi di anime ini gua pikir masih ada masuk logikanya karena TKP ceritanya di bumi. Masih ada, sih, unsur fiksinya biar penonton bisa berimajinasi, tapi di anime ini imajinasinya masih berhubungan dengan ciri khasnya yaitu tentang luar angkasa. Contohnya konsep anak-anak bintang di kartun ini bikin pengetahuan kalo bintang bentuknya bulat, sesuai dengan kenyataan saat ini, padahal gua pas kecil ngira kalo bintang itu bentuknya kayak bintang laut. Lalu ada konsep terowongan bintang yang di pake ama Comet dan Meteor untuk bepergian dengan cepat, konsepnya kayak teori worm-hole yang katanya bisa menembus ruang dan waktu (kayak film science-fiction luar angkasa kebanyakan). Pokoknya yang nonton anime ini bener-bener disajikan imajinasi berbau luar angkasa dan bintang.


Selain imajinasi, anime ini ada juga unsur chikara (kekuatan). Kekuatan di sini maksudnya kekuatan bintang, salah satu daya tarik kartun yang pemerannya punya kekuatan lalu digunain untuk nolong orang lain. Tapi kenapa gua bahas ini? Gua akan bahas dari sudut pandang lain. Di anime ini (juga anime magical girl lain), yang punya kekuatan adalah perempuan. Pas kecil gua ngga ngerti perempuan, nganggep mereka selalu yang ditolong. Ngeliat anime ini keliatan banget emansipasi wanitanya, kalo perempuan juga punya kekuatannya sendiri.


Terus konsep kekuatan di kartun ini juga sementara, dan butuh orang lain dalam mengambil kekuatan itu. Pemeran Comet dan Meteor sama-sama make tongkat bintang, cara kerjanya mirip Handphone, kalo kekuatannya abis harus ngisi. Jadi kalo mereka kehabisan kekuatan bintang, ya mereka jadi powerless (tak berdaya). Meski punya kekuatan, mereka juga butuh bantuan. Yaitu maskotnya buat ke langit dan dari sumber kekuatan itu sendiri, yaitu anak-anak bintang . Kalo ga dapet izin dari anak-anak bintang, Comet dan Meteor juga ga bisa dapet kekuatan (Episode 17 - Meteo-san's Tears dan Episode 42 - A Way to Say Goodbye). Kayak ngajarin kalo kekuatan itu ga di dapet dengan mudah dan kekuatan itu cuma pinjaman dan sementara. Dan pun juga jika kita punya kekuatan, jangan sombong dan semena-mena ke orang lain karena kekuatan baiknya digunakan untuk membantu, dan meski punya kekuatan, kita juga masih butuh orang lain.




4.       Epic Background Music





Kalo ngomongin film, yang diperhatiin ga hanya visual aja, tapi juga audio yang ngedukung visual itu. Adanya audio (dalam hal ini musik) bikin penonton merasakan betul atmosfer filmnya. Ngebahas musik  (dan juga background music) di anime ini pasti kudu wajib. Pendapat gua tentang musik di serial kartun ini... gua kasih bintang lima. Kenapa? Karena gua akui, hal pertama kali yang bikin gua inget kembali anime ini pas kuliah adalah background musiknya yang epic banget (ga bisa diungkapin dengan kata-kata). Kalo ga salah judulnya Joy of Love, jika kalian cari dan ketemu, semua orang yang pernah nonton pasti kenal musik ini. Gimana ga kenal coba, hampir di seluruh episode penonton kayak di cuci otaknya dengan musik ini yang versinya berbeda-beda tergantung situasi.

Musik latar di anime ini menurut gua agak kebarat-baratan meski dari Jepang yang nyatanya di timur dunia. Mungkin masih ada kaitannya karena dulu drama TV-nya terkenal di negara Eropa. Kalo kalian tau kartun Tom & Jerry dengan musik latar yang kental nuansa orkestra, anime Princess Comet ini hampir sama. Dan seperti serial film kebanyakan, pasti ada musik pembuka dan penutup, di bagian pertama serial ada opening judulnya Kimi Ni Smile oleh Nayu Niibori dan ending-nya Twinkle Star oleh Saeko Chiba (Episode 1 sampe 27). Terus di bagian kedua, opening-nya Miracle Power oleh Shizuka Nakayama dan ending-nya Hoshi No Parade oleh Sayuri Tanaka (Episode 28 sampe 43).


Selain musik latar yang jempol banget, musik opening dan ending-nya juga ga kalah amazing. Di musik bagian pertama, kerasa banget nuansa-nuansa miracle (sihir-sihir gitu). Sebenernya bingung juga gua, mereka pake instrumen apa biar bikin yang dengerin musik kebawa suasana ‘keajaiban’ gitu. Terus di musik bagian kedua gua ngerasa lebih fresh dibanding yang pertama yang slow dan tenang gitu. Musik di bagian kedua ini lebih nge-beat dan semangat. Juga dibarengi animasi dengan karakter yang lebih banyak dibanding yang pertama cuma Comet, Meteor dan maskotnya.


Katanya selain di dunia kartun, anime ini juga melebar ke dunia musik. Pas gua tanya mbah gugel, ketemu sih beberapa lagu-lagunya yang penyanyinya ga jauh dari Saeko Chiba ama Chieko Honda yang ngisi opening dan ending. Gua tertarik saat ngeliat yang ngisi suara Meteor adalah si Chieko Honda yang seorang penyanyi, gua jadi ngerti kenapa karakter Meteor jago nyanyi di anime-nya. Padahal gua ngarepin Comet bisa nyanyi, karena suaranya yang emang lembut dan menenangkan.

Gua nemu di beberapa situs kalo anime ini ada album musik anaknya, lengkap dengan animasi khusus album sendiri. Bahkan ada yang jual Album Best Collection-nya di toko musik online Jepang. Emang bener-bener niat si pembuat anime ini kalo tentang musik dan audionya, makanya gua masih suka kalo dengerin lagu-lagunya.






5.       Unexpected ending






Satu hal yang bikin gua tertarik nonton anime ini, salah satunya ya akhir cerita yang tak terduga. Ini juga bikin penonton kena efek surprise-nya. Suatu film menurut gua enak kalo ceritanya gak mudah kita tebak kelanjutannya. Dari segi cerita mungkin orang-orang akan memprediksi bahwa si pemeran utama (Comet) yang bersaing dengan Meteor untuk mendapatkan hati sang pangeran pasti ending-nya Comet berhasil dipilih pangeran sebagai pasangnnya. Tapi kenyataannya baik Comet maupun Meteor di tolak pangeran, jadi ga happy-ending. Gua pernah ngeliat di suatu forum Indonesia yang bahas anime ini kebanyakan penonton serial kartun ini ngaku kalo ending-nya ga jelas, jadi mewek-mewek gitu.


Bisa jadi pengarangnya ingin biar kartunnya ga kayak yang lain, biar anti-mainstream aja. Emang sih, episode akhir-akhir banyak mengundang air mata, tapi meskipun gua bilang anime ini ga happy-ending bukan berarti jadi sad-ending. Ending-nya menurut gua ga buruk-buruk amat, karena para pemeran bintang (Comet, Meteor, pangeran, dkk) yang sebelumnya bikin yang nonton sedih  gara-gara harus berpisah dengan bumi akhirnya kembali lagi ke bumi.





6.       Power of Baton






Hmph, akhirnya bahasan terakhir. Mungkin banyak yang ga tau apa itu baton. Baton itu sejenis tongkat yang ujung-ujungnya ada pemberat mirip benda yang sering di puter-puter dirigen marching band. Ini masih ada kaitannya ama tongkat bintang si Comet maupun Meteor. Gua baru tau baton baru-baru ini aja, pas kecil gua cuma tertarik aja pas ngeliat Comet muter-muterin tongkat. Apalagi di tiap musik ending-nya muncul animasi Comet (dan tim batonnya) yang muterin tongkat baton (bukan yang tongkat bintang), yang kadang bikin gua pas kecil penasaran gimana caranya biar jago muterin benda itu. Waktu itu gua pikir mereka gunain tongkat sama saja kayak kartun-kartun magical girl lain. Tapi yang bedain teknik memutarnya dengan baton (baton twirling).


Baton twirling gua cari-cari internet yang ternyata adalah sebuah olahraga, mungkin di Indonesia kurang terkenal, di negeri sakura sana kayaknya udah biasa. Bahkan gua ngeliat video kompetisinya, agak ngilu gimana gitu. Gerakannya cepet-cepet bikin ngeri kalo sampe keseleo. Olahraga ini lebih feminim, lebih banyak perempuan yang minat. Salut saja kalo ngeliat mereka melakukan baton twirling, pasti strong banget tangannya.­

Untuk yang belum tau musik opening-nya, ini persembahan remix opening anime ini dari hasil buatan gua,  bisa kalian dengarkan sambil membaca tulisan ini.


lah... kenapa ga dari awal, udah mau abis bahasannya nih..

Hehe... biarin, daripada ga sama sekali. Karena gua lagi baik, selain opening, gua juga kasih ending anime ini. sekalian mengenalkan kalian yang tidak tahu sama sekali tentang baton twirling yang kayaknya cuma terkenal di negeri sakura sana.

wah... tumben baik lu bang, udah ngucapin makasih belum sama yang ngupload?






Hmph, menuju akhir bahasan nih, emang ga baik juga terlalu panjang lebar, gua juga ga pinter nulis.


                Alhamdulillah akhirnya selesai, bener-bener dah, tulisan lu merepotkan buat dibaca 

Ya sesuai juga ama blog ini : “Blog Merepotkan. Sekalian juga sih, buat nostalgia. Serial kartun ini kalo mau ditonton ulang banyak sih, di sosial media khususnya youtube dan vimeo, tapi yang langka subtitle-nya. Jadi kalo ga ngerti bahasanya ya ga afdol. Hmph, mungkin janji gua yang aneh itu buat tamatin ni kartun belum sempurna, janji gua kayaknya masih berlanjut semoga bisa ketemu orang yang ngerti bahasa jepang dan bikinin subtitle anime ini.


Kata Komet dan Meteor di anime ini mengingatkan ku pada anime terbaru lainnya, yaitu Kimi No Na Wa, yang awalnya ada komet yang indah, namun berubah menjadi meteor yang membawa bencana.


Anime ini juga muncul beriringan di Indonesia dengan beberapa anime lain yang muncul di era 90-an, kayak Minky Momo, Magical Doremi, Sailor Moon dan anime magical girl lain. Anime-anime itu bahkan lebih dari 1 season dan punya seri the movie-nya. Jadi sayang aja sih, Princess Comet ini tak sepanjang kartun lain (cuma 1 season) karena menurut gua  karakter ama pengisi suaranya bagus banget. Tapi terlepas dari itu, tiap waktu dan tiap orang punya hal yang bisa di buat nostalgia. Mungkin bagi gua dan beberapa manusia lain, anime ini salah satunya.

Seperti biasa, kita akan mengambil pelajaran pada tulisanku kali ini ;

"Apakah manusia MENGIRA, bahwa ia akan DIBIARKAN BEGITU SAJA (TANPA PERTANGGUNG JAWABAN)?"~QS. Al-Qiyamah Ayat 36


"Setiap generasi mempunyai masa-masa yang menghasilkan nostalgia yang berbeda-beda, dan tiap generasi AKAN mempunyai masa yang SAMA, yaitu  mempertanggungjawabkan hasil nostalgia dunianya di AKHIRAT" ~MNA, 2017
...

UPDATE!
24 September 2017


Sudah setahun lebih nih terakhir gua nostalgia sama duet maut Princess ini : Comet dan Meteor, dan sampai gua buat review-nya. Setelah gua menyelesaikan review anime ini, gua masih terus memantau update-nya, kali saja ada yang melengkapi subtitle-nya karena gua ceritakan sebelumnya kalau anime ini hanya setengah serialnya yang di subtitle. Karena cukup melelahkan dan merepotkan keliling dunia maya dan percuma, gua hanya mulai follow up hampir semua akun yang pernah tayangin anime ini, yaitu akun si “saluran TV masa depan”, mulai dari sosial media, musik, hingga videonya.

Beberapa bulan terakhir, anggapan kalo anime ini termasuk anime langka mulai pudar. Gua menemukan ada yang upload video asli RAW-nya di Youtube, tapi tetap saja, masalah subtitle khususnya di mendekati episode akhir masih belum terselesaikan. Meski begitu, gua tetap sekali-kali memantau semoga bisa menemukan sedikit harapan di sosial media Facebook-nya yang sering posting jadwal tayang anime tiap bulannya. Setidaknya ada nama anime Princess Comet di sana.

Baru-baru ini, tepatnya sekitar seminggu yang lalu, muncul notifikasi kalau kakak Admin laman Facebook-nya ngasih balasan di komentar yang gua buat di postingan tentang jadwal anime bulan September, isinya cukup membuat gua kaos kaki :

                —kaos kaki? Shock maksudnya kali…


Pas banget gua baru pulang kuliah Senin, niatnya mau istirahat dan pas cek notifikasi Hp, gua hanya terdiam seakan-akan gak percaya dan berpikir : waduh, seriusan?. Siang hari yang tenang dan cerah itu, ingin gua berteriak. Tapi tenang kok, nyatanya gua teriak di dalam hati. Kalo gak bisa-bisa ditimpuk tetangga kalo gua berisik.

Sempet sumringah dan lega karena ternyata mereka masih simpen data anime-nya, gua yakin itu dubbing Indonesia, tetapi masih ada masalah lain yaitu tayangnya di saluran plus, yang gua tahu itu lewat TV kabel berbayar. Gua yang tipikal mahasiswa yang maunya serba gratisan pun Cuma menghela nafas gara-gara cuma ngeliat ada tulisan “plus”-nya. Gagal maning dah buat tahu cerita akhir anime ini.
...


TAPI! Selang tiga hari setelah notifikasi merepotkan itu, gua berpikir solusinya hanya cari tempat yang bisa gratis streaming. Alhamdulillah, bersyukur bisa dikasih rezeki yang tak terduga lagi. Gua akhirnya ketemu tempat streaming plus jadwalnya!

                —wew, nemu dimana bang?

  
Besoknya dini hari, gua memulai operasi ilegal yang dinamakan nonton online, ya kalian tau-lah pakai kuota malam biar hemat. Pas gua dengar suara dubbing-nya, uh, gak kalah sama versi aslinya. Hampir mirip suara dan kualitasnya, dua jempol-lah buat dubber Indonesia 90an. Kalo diperhatikan jadwalnya, gua tiba-tiba teringat sistem tayangnya yang masih sama kayak dulu, yaitu dua hari berturut-turut episode anime-nya sama, nah pas hari Minggu di buat jadwal maraton 3 episode. Jadi dari Senin sampai Sabtu cuma 3 episode. Makanya gua sedikit kaget karena pas gua streaming lagi esoknya, episodenya ada yang sama.


Selama dua minggu gua streaming sampai hari ini, gua beruntung banget karena yang ditayangin 7 episode terakhir. Jadi gua antusias banget liat cerita ending-nya bagaimana, plus dubbing Indonesia lagi, syukur Alhamdulillah. Gua pun menyempatkan buat sedikit merekam beberapa episode karena dubbing Indonesianya yang super-rare! Tepat hari ini barusan ditayangin episode terakhir. mudah-mudahan lain kali ditayangin di TV biasa, agak gimana gitu liat tulisan TV Plus. Tetapi khusus buat kalian pembaca setia (mungkin), gua akan me-replay mantra-mantra legendaris anime ini :


...

UPDATE!
13 Maret 2022

Tak sangka postingan 4 tahun lalu ini masih banyak sekali pembacanya, gua cek sudah lebih dari 5000 pembaca sampai hari ini, wow. Gua sangat berterima kasih kepada kalian para pembaca blog ini ataupun fans dan komunitas dari animasi Princess Comet ini. Bahkan saling bantu diskusi di kolom komentar dibawah ini. Duh, jadi terharu saya, untung gua selalu sedia tisu.

                —sebentar… Kenapa selalu ada tisu disamping laptop? Pasti buat...

Oke anyway! Gua akan share link terbaru hasil research agan ABCDEF di kolom komentar, agan ini sangat mendalam penyelaman untuk mencari link streaming, video dan subtitle dari animasi Princess Comet ini. Terima kasih banyak kepada agan ABCDEF sekali lagi.

Link Streaming Sub English (sampai eps 41, mudah-mudahan lengkap di masa depan) :

Watch Cosmic Baton Girl Comet San on AnimeFox

Link File Subtitle-nya (English sudah sampai eps 43) :
 
Cosmic Baton Girl Comet-san | Anime Tosho

Link Video RAW-nya (tanpa subtitle) :

https://archive.org/details/cometsanraw
atau
Cosmic Baton Girl Cometto-san / Princess Comet - YouTube





Tulisan Merepotkan Lainnya

59 Komentar

  1. Balasan
    1. Makasih ya bro, btw dapet link kesini dari mana bro? Buat feedback aja

      Hapus
  2. wahh, aku dulu suka anime ini, dan baru tau trnyata ada serial dramanya wkwk btw tulisannya bagus, smngt terus ya kak !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya, emang kalo pas kecil asal tonton aja, ga peduli seluk beluk anime itu. Tapi baru umur sekarang baru tau hal hal yg berkaitan dengan anime ini, pas kecil tertarik ama yg diputer2 itu yang baru tau ternyata namanya baton,buat olahraga pula, wkwk

      Hapus
  3. Nice post gan :)
    btw, ada link raw gk ... ?? :v :v :v :v
    soalnya kepengen nonton (terakhir nonton umur 7 tahun, sekarang aku 17 tahun :) )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang raw nya ada sih di youtube, tanpa subtitle, di https://www.youtube.com/channel/UCQx18ywfdAYGCVzgV-5aVKA
      Kalo mau yg ada subnya di situs veoh gan, bisa cari disitu

      Hapus
  4. sebenernya pangeran tamborin nya siapa sih. udah nonton sampe abis di spacetoon dulu tetep aja gajelas. knapa ga sama keisuke. heran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gua pas nonton keisuke berubah jadi pangeran pas akhir akhir episode. Nah ini yg bingung, sebelum berubah, keisuke ini agak berbeda pas balik dari luar negeri. Maklum, anime yg gua tonton ga ada subtitlenya pas episode akhir-akhir

      Hapus
    2. di awal cerita pas papa ckenalin keisuke ke comet dia bilang kalo dia ga tau asal usulnya keisuke. tiba2 dia dateng, tanpa ingat masa lalunya. pas comet ketemu sama pangeran yang dicari kan tuh pangerankan juga sempet lupa ingatan. cuma dia tuh ditemuin duluan sama semacam ajudan dr negerinya yg cewek cowok itu lupa namanya. jd di ga terlalu lama buat lupa. dan identitas asli keisuke yah pangeran bintang juga cuma dari negeri yang berbeda....

      intinya kalo w pribadi menyimpulkan yah comet dah jadi sama keisuke
      meteor sama shun penyenyi itu
      dan yang ngenes pangeran yang selama ini dicari2. lagian pake segala lari2 ga kebagian jatah putri kan. canda deng...

      terus ga ada nih link downloadnya??? masa ngegantung sampe 21 eps yang saya punya T_T

      Hapus
    3. Iya kak, nyari di internet udah langka yg episode 22 keatas yg bersubtitle, tapi sempet ditayangin kok di spacetoon plus, baca deh tulisan terakhir. Jadi tetep pantau aja kak jadwalnya mudah2an tayang lagi

      Hapus
  5. waaah akhirnya ada yang senasib sama ane. dulu gue nonotonnya dari episod pertengahan (28 an) sampek tamat.wah bener2 masa2 yang gak bisa dilupain sob btw itu yang fotonya anaknya miho sama kishima nikah tu eps berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enak sampe tamat, dulu ane dari awal tapi berantakan nontonnya, masih penasaran sampe sekarang dubnya. Kalau yg foto itu sebenarnya ga ada di ceritanya. Itu ane dapet dari video clip salah satu lagunya. Selain produksi animasi kan mereka produksi video musik juga.

      Hapus
  6. Jadi nostalgia ^_^
    Kalau gk slh pangen tamborin tuh nyamar jadi kyosuke.

    BalasHapus
  7. wkwkwkwkwkwwkwk ane dah nonton gan dulu waktu kecil.. ni anime epic bgt untuk sekelas anime shoujou awal taun 2000 an......
    beda sensasinya klo dibandingin ama sailor moon ato wedding peach..
    mungkin ini anime sekelas sama creamy mami klo w bilang sih.. romancenya mellow...

    spoiler terakhir comet bilang "bodoh" (bakaaaa)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini anime shojo pertama aku,langsung nempel banget diingatan.
      Oya spoilernya lebih tepat keisuke nya.

      Hapus
    2. creamy mami lebih dulu tayang di indonesia ketimbang comet

      Hapus
    3. Anime 80an ya kak, blm pernah nonton sih, pernah tayang dimana tuh

      Hapus
  8. Saya masih bingung nih sebenarnya keisuke itu pangeran denka yang nyamar jadi bentuk manusia bumi atau pas episode keisuke balik dari luar negeri dia jadi aneh itu pangeran nya nyamar jadi keisuke tapi keisuke yang asli nya masih di Australia hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak itu yang masih bingungin, tapi menurut aku ada 2 keisuke, soalnya kayak beda sifatnya

      Hapus
  9. Lihat jadwal spacetoon plus sama streamingnya dimana? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadwalnya ada di nontontivi.net, tapi streamingnya sekarang udah gak bisa diakses.

      Hapus
  10. kalo buat streaming eps 22 ke atas yang ada subtitlenya tau kah? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulit kak, 23 keatas sudah g ada yang buat subnya. Cuma bisa nunggu jadwal tonton di spacetoon plus kak

      Hapus
  11. Yatuhaaannn kok ya baru nemu yg senasib wkwkwk penggemar spacetoon abis gua, tapi yg paling click ya princess comet..
    FYI aku dilaptop nyimpen episodenya cuma dikit itupun cuma dr youtube..
    .
    Eh tapi endingnya gmn dong? Ceritain kronologinya kok bisa sama si pangeran itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk akhirnya ada juga yang senasib, Cari yang full dong kak biar tau endingnya.

      Padahal kronologinya udah aku ceritain, yah intinya si pangeran yang berwujud keisuke dipaksa kembali ke kerajaannya meski udah berusaha menghindar. Tak disangka saat memilih keputusan, pangeran tidak memilih diantara kedua putri. Akhirnya kembali ke bumi untuk mencari kilauan, kedua putri juga sama kembali ke bumi. Dan scene endingnya liat aja kak Comet bertemu lagi pas dibumi

      Hapus

  12. (Page ini sudah aku bookmark di akhir 2017, baru sekarang aku baca dibaca). Beruntung ya bisa dengar lagi episod 39 (yg santa). Aku ingat Desember 2008/awal 2009 nonton bagian saat papanya Comet jadi santa tapi tidak ingat Princess Meteor di kapal (bikin nangis ;_;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih banget kak sampe di bookmark, ga nyangka padahal niatnya mau direvisi soalnya postingannya kepanjangan, semoga bermanfaat kak tulisannya untuk nostalgia hehehe.

      Rewatch lagi dong kak biar kerasa nostalgianya, emang agak tricky anime ini, pas awal awal bahagia, diakhir menguras mata.

      Hapus
  13. Dulu sempet para penggemar princess comet bahas episode dan share dimana link yg masih ada di kaskus, lengkap semua meski sebagian masih raw tapi ada 2 episode yg hilang...pada akhirnya ketemu 2 episode itu tapi dalam 2 part dan videonya terbalik horizontal dan dub berbahasa spt spanyol sejenisnya...ada yg sempet punya ide beli semua episode dengan masing2 episode per cd ....sampai ini belum tahu memang benar atau tidak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mungkin dulu versi cd nya ada yg jual, yg bahasa indonesia, beruntung ya kalo bisa punya

      Hapus
  14. Suka banget anime ini. Tapi masih bingung. Jadi keisuke itu adalah pangeran atau pangeran menyamar jadi keisuke di episode" terakhir itu ? kalau mmg keisuke itu adalah pangeran selama ini knp dia berubah pemurung ya disaat" terakhir episode

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak membingungkan, kalo aku sih lebih prefer ke pangeran yg nyamar jadi keisuke. Soalnya menjelang akhir beda banget sikapnya setelah balik dari luar negeri. Kalo teori keisuke memang dari awal pangeran juga mungkin bener, karena pas menjelang akhir si keisuke barengan sama maskot bulannya, jadi kemungkinan si maskot ini yang mengembalikan ingatan si pangeran.

      Kalo diakhir episode si pangeran murung terus ya jelas dia kan gak mau balik ke kerajaannya, terbukti dia nolak kedua princessnya

      Hapus
    2. Gue percaya sama teori yg dari awal keisuke adalah pangeran. Soalnya episode 20 kan ada yg bilang kalau ada perubahan sama keisuke dr tinggi dan warna kulit (menurut comet). Itu cuman tanda bahwa comet mulai jatuh cinta sama keisuke karna memperhatikan sampai sedetail itu. Episode 28, Keisuke pergi ke australia masih dg ingatan dia sbg makhluk bumi. Episode 40, tiba2 keisuke pulang, tp kok pulang bersama maskot dari thamborin kayak rababou, ini tanda bahwa keisuke disini ingatannya sudah kembali. Nah yg episode akhirnya pangeran gak milih comet atau meteor, tp comet ngasih memory stone ke pangeran yg isinya ingatan comet selama di bumi (tentu ada kenangannya bersama keisuke). Makanya pas sampe ke bumi, keisuke ketemu sama comet dan keisuke seperti keisuke yg awal episode, ya karna memory stone itu mengembalikan ingatan dia.

      Hapus
    3. Wah ini pendapat dari comet nya langsung. Aku ga kepikiran sih tentang pendapat dari sudut pandang comet yang liat keisuke yang tiba-tiba berbeda. Tapi masuk akal juga sih teorinya, kalau dari awal memang pangeran itu keisuke selama ini.

      Hapus
  15. aku masih bingung dengan ceritanya soalnya sub indonesia maupun inggrisnya belum lengkap. yang membingungkan aku tidak tau dimana pangeran sebenarnya berada sebelum keisuke ke australia dan kenapa ia menyamar menjadi keisuke? kenapa pangeran pergi ke bumi? dan masih banyak lagi pertanyaan mengenai pangeran karena pembahasan tentang pangeran itu sendiri sangat kurang.

    BalasHapus
  16. aku masih bingung dengan ceritanya soalnya sub indonesia maupun inggrisnya belum lengkap. yang membingungkan aku tidak tau dimana pangeran sebenarnya berada sebelum keisuke ke australia dan kenapa ia menyamar menjadi keisuke? kenapa pangeran pergi ke bumi? dan masih banyak lagi pertanyaan mengenai pangeran karena pembahasan tentang pangeran itu sendiri sangat kurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh sama ya kak para penikmat anime ini pada bingung hehe, ya menurutku sih anime ini fokus ke kehidupan sehari2 dua putri bintang di bumi yg awalnya nyari pangeran eh malah suka dengan kehidupan bumi. Tentang cerita endingnya sih pake penafsiran masing2 aja, kan karena keterbatasan subtitle hehe. Andai aja ada yg ngerti & mau nerjemahin dialognya bersyukur banget pasti aku.

      Pertanyaan kakak kenapa pangeran ke bumi ya karena dia ga mau jadi penerus raja, jadinya kabur kan & dicari ama 2 putri, begitu kan awal mula ceritanya.

      Hapus
  17. Baru kemaren nonton lagi dan masih bingung sama keisuke ini knp bisa jadi pangeran, aku nanggepnya jg kaya penjelasan yg ditulis di blog ini tapi tetep aja ada yang kurang greget gimana gitu 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang greget gimana kak? Hehe, Mungkin karena buat anak2 jadi alur gak berat2 amat

      Hapus
  18. Jadi keisuke yg comet temuin di kapal episode terakhir itu pangeran bukan?
    Brarti keisuke yg dari episode 1 itu pangeran gan? Apa pangerannya cuma nyamar jadi keisuke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang episode terakhir masih jadi perdebatan, kemungkinan pertama dia itu keisuke asli. Karena di cerita, keisuke memang pergi ke luar negeri (australia) buat belajar jadi penjaga pantai, episode terakhir sebelum ending kelihatan tempatnya bukan di jepang. Kemungkinan kedua dia itu bisa jadi pangeran, soalnya yang sampai duluan di bumi pangeran. Balik lagi sih pendapat masing-masing, mungkin sengaja dibuat begini biar penonton menafsirkan begitu.

      Kalo dari awal ya keisuke pasti yang asli. Pendapat aku si pangeran yang nyamar jadi keisuke muncul pas ditengah cerita, episode 20an aku lupa. Disitu keisuke tiba-tiba muncul ke Jepang (yang harusnya di australia) dengan sifat & pribadi yang 180 derajat beda. Jadi dari awal jelas keisuke asli mana, yang nyamar mana. Kalau scene endingnya yah balik ke masing-masing sih menurutku.

      Hapus
    2. Jadi kayanya yg disukain comet mah keisuke yaa, bukan pangeran?
      Tapi pangerannya suka sama comet?
      #spekulasisendiri😂

      Hapus
    3. Yup, bener spekulasinya haha, pangerannya mah jelas gak. Buktinya dia kabur kan diawal episode. Ceritanya kayak "perjodohan yang dipaksa ortu" haha.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Permisi, saya lagi penasaran sama ceritanya Princess Comet ini dan ingin tau endingnya seperti apa. karena mencari videonya sekarang amat sangat langka.. saya nemu cuma 1 sampai 34, baru nonton ulang sih hehehe belom sampe 34nya. cuma episode total kan ada 43 jadi berasa agak kurang aja.. makanya agar melepas penasaran saya mencari dulu endingnya.
    saya melihat diatas kamu share link youtube yang cuma rawnya doang, sudah saya buka tapi sayangnya ga sampai lengkap. kira kira kamu masih tau ga sisa episodenya dimana?
    maaf ya panjang banget komennya, sukses terus buat blognya :)
    Terima Kasih~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih banget kunjungannya dan doanya :) Gak usah khawatir komen panjang-panjang karna postinganku juga terlalu panjang juga haha. Untuk fullnya ada nih di https://m.youtube.com/channel/UCDOTK9heCQIR_ja5epn3v1g/videos . Beruntung di youtube masih lengkap, selamat bernostalgia :)

      Hapus
    2. Terima kasih banyak! 😊😄

      Hapus
  21. ini dulu ada di space stoon suka banget nontonin hehe

    ferrari

    BalasHapus
  22. mau nangis rasanya pas gua liat comet lagi dengan bahasa indonesia... mantul dah lu gan, lu membuat nostalgia gua sedikit terbayar... lu ada rekamanya ga se jam dua jam gitu, asli gw pengen banget nonton...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sorry jadi bikin lu nangis gan, ya setidaknya menangis bahagia. Soal rekaman, untuk saat ini belum bisa share, untuk menghargai pihak dubber & tv nya. Tapi barusan search di youtube ada yang upload beberapa rekaman dubbing indonesianya.

      Hapus
    2. Iya kah dubbing indo?
      Mau link nya dong min, aku cari tadi gak ketemu

      Hapus
    3. https://www.youtube.com/channel/UCn5pRgqFfAaDTUOwbeOfjYw

      Hapus
  23. top banget full review nya, dari beberapa tahun lalu udh pengen cari anime ini.
    Tapi lupa namanya, akhirnya ketemu deh, makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip dah, semoga bermanfaat ya reviewnya, meskipun isinya kepanjangan nih.

      Hapus
  24. Halo kak aku mau tanya dong untuk nonton eps 20 keatas bisa diliat dmn ya?soalnya aku selalu dapetnya yg raw aja ga ada subnya padahal pengen banget nontonin sampe selesai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga, sayangnya untuk episode 22 sampai ke atas terhenti fansubnya yang bahasa inggris, jadi dicari dimana pun hanya sampai episode 21, Aku nemu di YT di https://youtube.com/playlist?list=PLrz1TEWsweXDzIRR2Cg-h8KnVsA3pMm5S

      Tapi gara-gara kamu komentar, aku research lagi dan ketemu episode diatas 20 dubbing indonesia, tapi sayangnya lagi berantakan https://youtube.com/channel/UC0Et-mYHgzobFcnpbA9A91g

      Selamat nostalgia ya

      Hapus
  25. Halo, untuk sub inggrisnya sudah hampir selesai bisa download di https://animetosho.org/series/cosmic-baton-girl-comet-san.539
    Kalau raw download di https://archive.org/details/cometsanraw
    Kalau mau streaming juga ada di animefox
    Sori kalau ternyata sudah tau semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, wah lengkap ini source linknya, keren sih research-nya sedalam ini. Ku tambahkan ke postingan ya biar para pembaca bisa di klik sekalian linknya. Makasih banyak loh.

      Hapus

Budayakan berkomentar meskipun itu merepotkan

blog butuh kunjungan

Keluh Kesah Pembaca

Get this in Link