motivasi

BENARKAH UANG KULIAH MENENTUKAN MASA DEPAN?

17.48

Selasa 04 April 2017

Ah… akhirnya bisa nulis buat ngisi blog lagi. Pas banget nih, lagi suasana kuliah, gua nulis beginian di kampus karena topik yang mau kita bahas ini tentang perkuliahan

                Oh, lu anak kuliahan bro? kukira kau anak manusia

Kalo dipikir-pikir memang baru pertama kali ya, gua ngebahas tentang perkuliahan (setelah tulisan gua sebelumnya yang pertama kali juga bahas entertainment). Padahal gua udah berada di dalam zona penghujung semester yang makin menua . Tapi disini gua ga bahas tentang dunia didalam perkuliahan ataupun bagaimana cara agar bisa masuk ke kampus tertentu.

                Hmph, pasti alesannya bahasan itu sudah banyak di blog sebelah, biar blog lu ga ada saingannya gitu? Terus cara masuk ke kampus, itu kan gampang. Tinggal masuk aja lewatin gerbangnya

He he … tau aja lu tong . Kali ini gua kan bahas sesuatu yang masih ada hubungannya dengan kuliah dan ini juga cukup krusial, yaitu uang. Atau orang kita menyebutnya dengan uang kuliah atau SPP. Bisa dibilang ide tulisan ini muncul saat gua bayar kuliah beberapa waktu lalu. Begini ceritanya.

sumber : www.ecore.be



Waktu itu gua ke teller bank,  dan sebagai mahasiswa yang baik, gua antri dulu lah, dan lagipula gua gak enak buat nyerobot antrian karena disitu ada security banknya.  Kira-kira hampir setengah jam gua nunggu antrian, memang merepotkan sih, apalagi Wi-Finya gak konek-konek lagi, hmph. 

Akhirnya pas nomer antrian gua dipanggil, rasanya lega serasa habis dipanggil untuk giliran audisi. Waktu serasa melambat. Gua pun mulai berjalan perlahan. Jantungku berdegup kencang. Hatiku mulai berdesir. Sesekali terdengar sorakan penyemangat dari sisi kanan dan kiriku, yang ternyata mereka adalah orang yang ngantri. 

                Oke cukup sudah! Udah kelewatan nih lebainya Foto:



Setelah sampai di depan juri, eh maksudnya abang-abang tellernya, gua melakukan aktivitas biasa seperti semester sebelumnya yaitu bayar uang kuliah. Tapi di hari itu ada sesuatu yang berbeda, yaitu obrolan antara gua dengan abang-abang teller setelah gua ngasih uangnya. Kurang lebih seperti ini :

Foto:       Anak kuliah ya?
Foto:       Iya, kok tau
Foto:       Kan tadi barusan bayaran kuliah kan
Foto:       Oh iya, ya. Kirain abang mau bilang saya anak manusia
Foto:       Jurusannya apa
Foto:       Pulogadung bang
Foto:       Bukan tempat kuliahnya! Kuliah kau ambil jurusan apa?
Foto:       Oh, teknik elektro bang. Di bagian komputer
Foto:       Teknik ya, tapi kok ada komputernya?
Foto:       Iya bang, itu prodi baru. Emang agak aneh sih, saya aja pertama kali masuk juga heran kenapa ada prodi begituan di jurusan itu. Abang kayaknya cukup tau tentang jurusan teknik, pernah kuliah teknik juga ya?
Foto:       Iya, pernah di teknik mesin
Foto:       Sekampus sama saya ga bang?
Foto:       Iya
Foto:       Wah, kebetulan nih, angkatan berapa bang?
Foto:      2010. Yah, tapi beginilah kerjanya, ga ada hubungannya ama teknik. (keliatan si abang nunjukin ruang kerjanya)
Foto:       …, tapi syukur bang masih bisa kerja. Mungkin bingung kuliah apa, kerjanya apa. Saya malah yang lebih bingung, karena belum tau abis lulus mau kemana, apalagi udah semester akhir. Kadang pernah mikir tiap semester bawa uang jutaan buat bayaran, terus liat kertas bukti pembayaran, rasanya makin berat bebannya, karena muncul perasaan kalua abis lulus nanti, minimal harus mengganti semua uang itu
Foto:       Iya, bener juga sih. Bener-bener cerita yang menyentuh. Oke karena transaksi selesai, silakan menyingkir karena ada pengantre yang masih menunggu
Foto:       Oh, oke-oke. Makasih ya bang

Sesaat setelah selesai ngobrol, gua pun berbalik badan dan sedikit kaget karena jumlah yang ngantri 2 kali lipat dari sebelumnya. Foto:  Mereka pasti lama ngantrinya, keliatan dari tatapan mereka yang tajam serasa ingin mengusir gua, Foto:  tidak ada lagi sorakan penyemangat dari sisi kanan dan kiri, tidak ada lagi waktu yang melambat, dan tidak ada lagi jantung berdegup kencang serta hati berdesir. Sebagai mahasiswa yang baik, gua harus segera keluar, lagipula disitu gua diliatin trus ama securitynya.Foto:

                Obrolan macam apa itu Foto:



Yah, itu kurang lebih seperti itu ceritanya. Sesuai dengan judul tulisan ini, apakah uang kuliah menentukan masa depan. Menurut gua, cukup menentukan dari segi psikologis karena wajar kalau manusia mengeluarkan sesuatu untuk investasi masa depannya, pasti ada rasa mengharapkan hasilnya yang minimal senilai ama apa yang udah dikeluarin. Apalagi kalau urusannya uang. Sebenarnya uang kuliah bisa memotivasi diri biar serius kuliahnya, tapi kalo bisa dikurangin biayanya, kenapa enggak?

Yaudah, gua akhiri tulisan ini, pas banget karena mata kuliah juga mau selesai.

                Wah parah lu ga perhatikan kuliah dosen, malah nulis Foto:

Hehe, ya jangan ditiru, don’t try at home, but try at school Foto: (Karena gua ngelakuinnya di kampus)

                Yah, sama aja nyontohin yang buruk Foto:

Sebagai mahasiswa yang baik, ambil yang baik dan buang yang buruk dari tulisan ini. Gua mau pergi dulu, firasat gua ga enak gara-gara security bank waktu itu. Foto:

                Pembaca, tolong jangan ditiru ya, dia bukan mahasiswa yang baik Foto:

Seperti biasa, gua akan kasih beberapa motivasi.


"Kadang bingung sama yang namanya uang, dicari dan dikenal semua orang, padahal cuma selembar kertas atau logam. Beda sama ilmu, tak semuanya dikenal orang, tapi selalu dicari. Mungkin persamaan mereka di saat orang pakai uang untuk cari ilmu, atau pakai ilmu untuk cari uang"  ~MNA, 2017

Tulisan Merepotkan Lainnya

6 Komentar

  1. Tidak semua ilmu bisa dibeli dengan uang gan selain itu mungkin ada juga ilmu yang gratis gan, tapi yang pasti ijazah itu pakai uang gaan 😂 ..... Btw pada kalimat motivasi ada kalimat yg berbunyi "mungkin persamaan mereka" , merekanya itu siapa yah gan hehehah overall mantap gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ijazah pake uang ya? Wkwk,yg penting dapet ilmunya lah

      Hapus
    2. Iya gan ijasah palsu aja bayar apalagi yang asli... Kecuali antum sendiri yg membuka jasa ijasah palsu wkwkw

      Hapus

Budayakan berkomentar meskipun itu merepotkan

blog butuh kunjungan

Keluh Kesah Pembaca

Get this in Link