film

REVIEW ANIMASI THE CAT RETURNS : Wajarkah Menerima Balasan dari Kebaikan Kita ?

20.20

Minggu, 19 April 2020 16.13

Libur telah tiba! Libur telah tiba! Hore! Hore! Horeh... Entah kenapa gua tiba-tiba ngerasa tua pas nyanyi ini.

lu ngapa Bang? Mana liburan? Kita kan lagi K-A-R-A-N-T-I-N-A

Mungkin kurang tepat kalau dibilang karantina, tapi tetep ngerasanya lagi libur beneran Bro. Di rumah tubuh gua selalu mode liburan, jadi karantina sama aja kayak liburan menurut gua. Sebelum masuk ke bahasan inti kita, gua mau sedikit bahas tentang kejadian akhir-akhir ini.

Tahun ini kita manusia lagi diuji banget, bulan demi bulan kita lewati dengan munculnya musibah dan isu-isu menggemparkan. Terbaru, musibah virus yang viral di dunia yang gua dan kalian pasti tau. Gua yakin semua tau ketika orang diuji, bersikaplah layaknya orang lagi ujian. Bersabar, cari solusi, dan jangan curang. Cuma orang yang gagal ujian yang melakukan sebaliknya.

Selalu ada hikmah di suatu kejadian. Di hari biasa pas kerja selalu mikir liburan, sekarang liburan sambil kerja di rumah. Di hari biasa pelajar ke sekolah atau ngampus diajari gurunya, sekarang orang tua merasakan ribetnya jadi guru. Di pagi biasanya ibukota disibukkan padatnya orang, kendaraan, pabrik dan polusi-polusinya, sekarang begitu tenang dan langit begitu enak dipandang (bahkan di daerah gua sekarang musim layangan). Beberapa nikmat di hari biasa itu yang mungkin kadang kita abaikan selama ini.

Segala kegiatan kini dilakukan di rumah, pasti bikin bosan. Tapi normalnya kita juga lebih punya banyak waktu berpikir dan merenung layaknya orang lagi ujian. Merenung kenapa kita semua dapat ujian, bagaimana cara menyelesaikan ujian, dan mau apa nanti hasil ujiannya. Tak lupa juga kita harusnya dekat dengan Tuhan. Layaknya orang ujian yang dekat sama penguji, pasti lebih mudah lulus (pas banget sebentar lagi bulan puasa). Berdoa, bersabar, beramal, serta bersyukurlah. Karena di saat gua santai di rumah sambil nulis blog, atau kalian lagi seriusnya baca tulisan ini, di luar sana pasti ada yang kurang beruntung dan berpikir apakah esok masih bisa hidup, atau terbunuh oleh virus, atau pun terbunuh oleh kelaparan.

Wah jarang-jarang ya Bang tulisan lu serius

Ya layaknya ujian Bro, kadang serius, kadang rehat sejenak sebelum lanjutin ujian. Salah satu cara rehat saat momen di rumah adalah nonton film. Baik film baru atau nostalgia rewatch film jadul. Gak lama ini gua udah tiga kali nostalgia nonton film animasi buatan Studio Ghibli. Pencinta film animasi seenggaknya pernah denger nama studio besar ini. Bisa dibilang setara sama Disney (Disney di Barat, Ghibli di Timur, apalagi Walt Disney juga beli lisensi film-film Ghibli juga). Kalau emang kalian gak tau, jiwa penikmat animasi dipastikan gak sempurna di diri kalian. Ingin sih, gua bahas tentang studio ini. Tapi di lain waktu saja, karena ada satu lagi film yang rencananya gua mau review.
...

review animasi the cat returns

Kalau kalian sadar, ini review film movie pertama gua, sebelumnya gua selalu review film berformat serial. Review ini juga serasa spesial karena gua dedikasikan untuk pencinta animasi movie, Ghibli dan kucing.

Sok-sokan sampe tiga dedikasi segala lu Bang

Tahun 2002 film The Cat Returns (atau Neko no Ongaeshi) lahir. Tahun di mana studio pembuatnya makin terkenal karena di tahun sebelumnya, film andalan mereka berjudul Spirited Away (atau Sen to Chihiro no Kamikakushi) meraih penghargaan Oscar kategori film animasi terbaik yang jadi pertama kalinya bagi dunia animasi Jepang. Tapi di banding film Big Movies itu, The Cat Returns kelihatan kecil. Tapi tetap, film ini punya keunikan sama halnya buatan Studio Ghibli yang lain. Fakta unik film ini sebenarnya awalnya gak dibuat ke publik, durasi film ini harusnya hanya 20 menit.

Wah yang bener Bang, jangan tipu-tipu lah buat fakta

Beneran Bro, ada proyek promosi taman hiburan di Jepang yang namanya The Cats Project. Tapi pihak taman batalin proyek itu, akhirnya film promosi itu diubah jadi film yang berdurasi 60 menit-an. Daripada dibuang sayang, lagi pula bikin animasi susah kan. Film ini dibuat berdasarkan manga/komik buatan Aoi Hiiragi, yang juga punya komik lain yang di adaptasi oleh Studio Ghibli berjudul Whisper of the Heart (atau Mimi wo Sumaseba). The Cat Returns bisa dikatakan sekuel beda alur (pseudo sequel) dari Whisper of the Heart, karena ada karakter hewan favorit penonton yang cameo di Whisper of the Heart menjadi karakter utama di The Cat Returns. Jadi film ini menjadi worth it untuk digarap. Kedua film ini jadi pertama kalinya yang direkturnya bukan dua pentolan penemu Studio Ghibli (Miyazaki dan Takahata).


Sekilas, film ini bercerita tentang seorang remaja yang merasa dirinya dan nasibnya selalu sial, merasa gak ada hal bagus di masa remajanya seperti normalnya kehidupan teman sebayanya. Hal menarik bertubi-tubi datang kepadanya sebagai balasan menolong seekor kucing, sekaligus menjadi petualangan baginya untuk mencari jawaban dari apakah kebaikan harus dibalas ?
...


Lanjut ke bagian review 5 aspek seperti biasa. Gua akan kasih peringatan bagian yang mengandung SOP ILER.

Spoiler kali Bang

SPOILER! START

1. KARAKTER

|         Yoshioka Haru

Pernah denger istilah Disney Princess ? Studio Ghibli juga punya karena dominan tema ceritanya emansipasi wanita. Hampir semua karakter utama filmnya adalah perempuan. Uniknya, karakter itu terkenal strong female, kalo pun enggak, jadi lebih kuat dan lebih baik di akhir cerita. Khusus Haru lebih ke kategori karakter yang terakhir. Dengan muka bulat, mata agak lebar, rambut ponytail pendek kecokelatan, dan anggota klub kriket. Gambaran ini harusnya dia lebih tomboi, tapi nyatanya gak. Remaja 17 tahun ini dasarnya berakhlak baik. Tapi sayangnya, kejadian sial selalu mendatanginya, seakan-akan keadaan gak membalas baik ke Haru. Yah, selaras lah sama realita remaja yang masuk “fase berontak”. Bisa jadi yang dirasakan Haru ada di masa remaja kalian.
review animasi the cat returns

Keberuntungan Haru adalah barang langka. Bahkan di scene awal film, kesialan Haru mengantre rapi di sekolah. Banyak penghalang saat berangkat sekolah, telat, terus diketawain seisi kelas. Dia menyukai teman sekelasnya, Machida yang sialnya udah punya pasangan. Tapi tenang, Haru bukan penyendiri di sekolah, ada teman kelas satu klub terdekatnya, Hiromi. Haru duduk di belakang Hiromi dekat jendela.

—wah khas ya, tiap pemeran utama di anime kalo di sekolah duduknya kalo gak di belakang, pasti deket jendela

Haha, iya sih. Jadi kayak penanda kalo pemeran utama pasti di daerah favorit situ. Tapi gua sedikit analisis, biar animatornya gak ribet gambar karakter seisi kelas, makanya kameranya menghadap ke dinding atau jendela.
review animasi the cat returns

Di rumah, Haru tinggal bersama ibunya. Gak ada sosok ayah bahkan di masa kecilnya, hanya ibunya yang gua duga single-parent sejak lama. Haru keliatan tegar gak mempermasalahkan kehadiran ayah, karena dia lebih mempermasalahkan hidupnya. Dari sini keliatan Haru gak berharap jadi Ghibli Princess atau apalah namanya. Dia hanya ingin keadaan membalas baik dan mendukungnya. Gua curiga Dewi Fortuna iri pengen jadi pemeran utama, jadinya punya dendam kesumat pada Haru.

—Dewi Fortuna KW nih, masa punya dendam

|         Baron

Karakter ini adalah anthropomophic dari kucing, simpelnya kucing yang bersifat dan berbentuk manusiawi. Secara fisik terlihat gagah dengan fashion ala bangsawan Eropa. Dengan nama khas Jerman yang diberikan pembuatnya, Humbert von Gikkingen. Sebutan Baron adalah semacam panggilan gelar bangsawan Eropa. Ditambah sikap dan tatapan mata tajam serius, suara lantang bagai orang dewasa, bikin makin gagah untuk seekor (atau seorang?) kucing oren. Kucing jaman dulu emang lebih bermartabat daripada orang jaman sekarang ya. Tentu saja ngeliat Baron bakal bikin kita akan masukin dia ke daftar peliharaan idaman, atau bahkan pasangan idaman, haha. Tapi sayangnya dia udah punya pasangan, prekuelnya membuktikan.
review animasi the cat returns

—kayanya lu harus belajar dari kucing ini deh Bang, biar gak barbar

Baron asalnya bukan kucing kampung biasa, dia aslinya patung kucing. Ya karena pembuatnya membuat dengan sepenuh hati, jadi bagaikan jiwa pembuatnya muncul di dalam diri Baron. Baron tinggal di daerah perumahan kecil khas nuansa Eropa klasik bersama kucing putih dan gagak hitam. Mereka bekerja di Kantor Urusan Kucing, beruntungnya Haru bertemu mereka saat meminta tolong melalui Muta.
review animasi the cat returns

Kucing putih ini cukup eksentrik, dengan sikap keras kepala dan suara berat seenak jidat plus muka menyeramkan. Meskipun penampilannya lumayan imut dengan bulu lebat putih polos dan corak khas di telinga kirinya.

—Emang gak bisa nilai seseorang dari penampilan ya. Ya kaya lu lah Bang, kalem-kalem ternyata barbar

Sesama barbar jangan mengejek lah. Karakter ini juga dinantikan selain Baron karena menjadi penghubung juga di Whisper of the Heart. Di akhir ternyata Muta punya masa lalu sebagai Moon Renaldo, seekor kucing legenda yang ditakuti pihak Kerajaan Kucing.

Anggota ketiga adalah Toto, gagak hitam yang cukup misterius. Sama kayak kasus Baron, Toto aslinya adalah sebuah monumen patung batu penjaga di daerah Kantor Urusan Kucing. Secara penampilan agak meneror, kan gagak terkenal dengan hal berbau mistis. Tapi setelah ngeliat Toto, sebenernya dia bersahabat juga, loh. Khususnya terhadap Muta, Toto jahil banget menggoda Muta. Perannya gak banyak di film ini, tapi cukup krusial dalam misi penyelamatan Haru sehingga pulang dengan selamat.
review animasi the cat returns

Dibalik karakternya unik dari para anggota Kantor Urusan Kucing, sebenarnya mereka sangat baik dan kompak saat membantu memecahkan masalah Haru.

|         Kucing di Kerajaan Kucing

Inti fantasi dari film ini ada di karakter-karakter ini. Pihak kerajaan diisi oleh Raja Kucing dengan bulu keunguan yang berantakan, bermata merah biru dan keliatannya terlalu berumur. Menurut gua raja ini agak diktator, ingin semua keinginannya dilaksanakan, sekaligus dipandang tinggi. Raja didampingi dua pembantu. Pertama Natoru dengan perangai kocak, dia jenis kucing yang berbeda dengan bulu kecokelatan dan telinga yang sayu. Lalu Natori sang penasehat raja yang gua duga seumuran sama Raja, penampilannya cukup terpelajar namun sedikit gegabah. Hanya dia yang pakai baju lengkap dengan buku yang selalu dibawa-bawa. Jangan lupa dengan para pasukan, tamu dan warga kerajaan yang bisa berdiri dan berbicara layaknya penduduk di negeri damai. Namun sorotan tetap di trio kucing ini yang cukup baik menjadi lawan main Tim Baron dan Haru, meskipun kadang mereka malah bikin situasi jadi imut dan lucu.
review animasi the cat returns

Selanjutnya ada Pangeran Lune yang kayaknya termasuk jenis kucing biru rusia. Dia mirip ayahnya, namun dengan semangat khas pangeran muda yang gagah. Dialah yang menjadi media sehingga pihak kerajaan tertarik kepada Haru. Dengan bantuan Pangeran juga lah yang akhirnya meluluhkan hati Raja dengan ikut membantu Haru. Pangeran Lune mungkin menjadi kucing idaman juga selain Baron, tapi kalian kayaknya harus kecewa lagi deh karena dia memilih untuk berpasangan dengan kucing biasa bernama Yuki.
review animasi the cat returns

Yuki adalah kucing cantik penghuni negeri kucing yang juga bekerja di kerajaan sebagai pelayan. Mata biru terang bagaikan warna langit yang menjatuhkan salju seputih bulunya, bikin kita terpesona ditambah dengan aksesori pita merah jambu di lehernya. Yuki sama seperti Pangeran, di cerita gak banyak tampil. Namun memberi banyak bantuan bagi pemeran utama. Ketika Haru di kerajaan, Yuki sangat mengkhawatirkan hidup Haru dan ikut membantu Tim Baron. Masa lalu Yuki terungkap dia pernah bertemu Haru, jadi wajar Yuki seperti mengenal Haru sejak lama.
review animasi the cat returns

Mungkin ini pengalaman unik pribadi gua, tapi karena sedikit peran dari pengisi suara Yuki-lah yang bikin gua tertarik terhadap film-film buatan Studio Ghibli. Bahkan Haru pun mengakui suara indahnya. Suara Aki Maeda yang lemah lembut bagaikan tuan putri jadi salah satu favorit gua. Dia emang gak banyak isi suara animasi, tapi ditakdirkan punya suara lembut bagaikan tuan putri. Dia cuma mengisi suara di Princess Comet sama di Yu-Gi-Oh! sebagai Anzu/Tea. Aslinya dia memang aktris dan penyanyi. Dia terkenal lewat film Jepang Battle Royale yang lumayan kontroversial. Gua pernah tonton soalnya, bahkan di film itu lagi-lagi dia karakter yang dilindungi bagaikan putri.

—aduh pilih yang mana ya? Kucing-kucingnya bikin dilema mau pelihara yang mana

2. CERITA

Untuk cerita, film ini sangat sederhana dan singkat. Plotnya hanya maju dan minim kilas balik, jadi cocok dan mudah dicerna bareng anak. Berawal dari kesialan yang menimpa Haru, suatu ketika dia tanpa pikir panjang menyelamatkan kucing biru yang akan tertabrak. Haru seakan membuka perjalanan barunya di sini. Kucing biru itu ternyata Pangeran dari Kerajaan Kucing, Haru terdiam gak percaya saat kucing itu berdiri dan berterima kasih.

—pasti Pangeran ini cadangan nyawanya sisa 1 dari 9
review animasi the cat returns

Kejadian itu Haru tanyain ke ibunya. Ibunya bernostalgia Haru kecil pernah menyelamatkan anak kucing lapar dan mengaku bisa ngobrol dengan kucing. Haru bagaikan memiliki pemahaman bahasa kucing. Sayangnya Haru sama sekali gak ingat. Malamnya, kucing di luar berisik. Memaksa Haru keluar dan ternyata ada pawai panjang kucing dengan iringan musik tradisional Jepang yang cukup misterius. Kucing lain keliatan gak suka kawasannya dimasuki. Tetangga pun gak merespons keluar rumah, hanya Haru yang bisa melihat mereka.

—kucing emang sensitif sama hal gaib, sama kayak tanuki, serigala, anjing, gagak, dan ternyata Haru juga ya

Itu adalah rombongan Kerajaan Kucing. Raja Kucing bermaksud berterima kasih atas pertolongan terhadap anaknya. Pembantu Raja memberikan gulungan dan menyampaikan kalau esok Haru akan dapat keberuntungan. Dengan rasa gak percaya sekaligus gemas, Haru menerimanya.

—jadi inget Manequineko, patung kucing yang membawa keberuntungan
review animasi the cat returns

Haru mengira itu mimpi, tapi malah beneran terjadi hal aneh besoknya. Mulai dari halaman rumah penuh tanaman cat tail, klub kriket kebanjiran raket, pakaian Haru bau catnip dan dikejar-kejar kucing yang nongkrong di jalan, hingga kado-kado kecil isi tikus kecil di loker sepatu. Keberuntungan yang dijanjikan malah jadi kesialan. Mungkin Raja Kucing gak bisa bedakan mana manusia, mana kucing. Haru melihat kembali gulungan yang isinya bagai aksara Mesir Kuno. Ada simbol-simbol mewakili kejadian yang baru dialaminya. Masih ada satu simbol yang bisa jadi petunjuk Haru buat kejadian selanjutnya, apakah itu? Kirim jawaban melalui PO BOX 1234 ke alamat Haru.

—apa-apaan lu Bang malah buka kuis

Pasti kecewa banget si Haru, dia mengharapkan balasan menguntungkan, malah kesialan yang datang. Dia kesal dan malah bertemu Natoru si pembantu kerajaan, Natoru mengundangnya ke Kerajaan Kucing dan berjanji membalasnya dengan benar. Haru terlena tawaran pergi ke Negeri itu dibanding dengan hidup merepotkan di dunia nyata yang gak sesuai keinginan. Hal itu jadi kesalahpahaman karena Haru direncanakan menikah dengan Pangeran Kucing. Haru panik, takut pernikahan aneh itu terjadi. Bisikan lembut perempuan memanggil Haru. Seakan mendengar kepanikan haru, suara itu menyuruh Haru pergi menemui kucing putih di Kantor Urusan Kucing.

Sepulang sekolah Haru langsung ke tempat yang dimaksud. Setelah bertemu kucing putih bernama Muta di daerah seperti tempat wisata kuliner, Haru mengikuti sampai ke daerah perumahan Eropa Klasik yang bangunannya mungil. Haru bagaikan raksasa di sini. Saat matahari sepenuhnya tenggelam, suasana fantasi menyeruak dan muncul Baron dan Toto. Setelah konsultasi yang cukup alot, mereka sepakat membantu Haru. Tamu tak diundang muncul, Natoru dan pasukan menculik Haru. Baron dan yang lainnya terlambat. Jangan bayangkan penculikan yang histeris, para pasukan kucing menggiring Haru di atasnya ibarat kereta permadani, bisa dibilang ini penculikan yang asyik dilihat. Baron dan yang lainnya terbang mengejar, namun yang berhasil masuk ke portal Negeri Kucing hanya Haru dan Muta. Di sana, tubuhnya mengecil jadi seukuran kucing. Meski di dunia nyata malam, ternyata negeri Kerajaan Kucing terang benderang.
review animasi the cat returns

Negeri ini sangat damai, tapi Haru diminta segera pergi oleh Yuki. Haru yang terlalu baik membuat pembantu kerajaan berhasil membujuknya ke istana, bersama Muta. Di sana, Haru makin betah, lupa tujuan sebenarnya. Muta juga terlena dengan makanan, terlihat banget Raja Kucing bermaksud menikahkan anaknya bagaimanapun caranya. Karena lupa jati diri, muka Haru jadi kucing. Sambil menunggu Pangeran, seisi kerajaan mengadakan pesta. Haru menyesal gak ikuti nasehat Baron, Muta bahkan Yuki. Kini dia duduk menangis sebagaimana pun koplaknya para penghibur kerajaan berusaha menyenangkan hati Haru.

Muncul satu penghibur menawarkan diri, dari penampilan terlihat itu Baron yang menyamar. Dia mengajak Haru berdansa. Haru menikmati dansanya, pikiran lupa jati diri muncul lagi dan membuatnya makin mirip kucing. Baron kembali mengingatkan Haru, di sini bukan dunia seharusnya Haru berada. Raja Kucing curiga, akhirnya Baron mengungkapkan dirinya dan pertarungan tak terelakkan. Muta yang besar mulai berduel dengan prajurit, Yuki muncul membantu mereka kabur. Haru harus keluar sebelum fajar atau dia jadi kucing selamanya. Portal ke dunia nyata ada di atas menara dan sayangnya harus melewati labirin besar. Raja kucing dan pembantunya mengawasi dari jauh saat Haru dan yang lainnya dikejar pasukan agar gak mencapai menara.

—si Raja jadi mirip sama ”yang mulia” di permainan Benteng Takeshi
review animasi the cat returns

Keadaan makin gawat saat Raja Kucing meledakkan menara. Haru dan kawan-kawan menyerahkan diri, tapi pasukan milik Pangeran Lune muncul. Raja berharap Pangeran senang akan pilihan Raja yaitu Haru, tapi Pangeran telah memilih Yuki untuk menikahinya.

—wah kayak kisah klasik perjodohan yang dipaksa orang tua nih

Haru sadar kalau dia pernah menolong Yuki saat kecil. Yuki dan Pangeran berterima kasih kepada Haru karena menyelamatkan hidup mereka berdua. Haru merasa bahagia atas mereka. Raja Kucing gak putus asa, beliau malah minta Haru menikahinya. Konfrontasi kembali terjadi. Pasukan Pangeran berusaha melindungi Haru yang kabur ke portal. Raja memaksa memanjat menara. Baron muncul dan berduel dengan Raja, dengan duel ala koboi di adegan film Holywood. Dengan sekali tebasan, Raja mengaku kalah. Haru akhirnya sampai di ujung portal dunia nyata, perlahan Haru membesar kembali. Ujung portalnya jauh di atas langit, Haru dan kawan-kawan melayang jatuh. Keindahan matahari terbit, tabrakan awan dan suara angin membanjiri mereka. Indah sih, tapi gimana caranya selamat dari terjun bebas?

kirain lu bakal nyuruh ngirim jawaban ke PO BOX lagi Bang
review animasi the cat returns

Gerombolan gagak bersama Toto muncul menabrak Haru, menjadi jembatan untuk mereka menuju atas gedung sekolah. Petualangan menegangkan tapi menyenangkan Haru rasakan bersama Tim Kantor Urusan Kucing meskipun cuma semalam. Baron dan yang lainnya pamit, berharap bisa bertemu lagi di lain kesempatan. Esoknya Haru banyak perubahan. Bangun lebih awal dan memasakkan sarapan. Hiromi pun melihat Haru lebih tenang dari biasanya, membuat Hiromi penasaran apa yang sudah dialami Haru yang membuatnya kian dewasa.

3. PESAN MORAL

Untuk sebuah film yang cocok ditonton mulai dari anak kecil ke atas, gak diragukan lagi pasti penuh hal baik yang diambil. Seperti penting mendengar nasehat baik meskipun dari anak muda, bahkan kucing sekalipun. Selalu lihat isi nasehatnya, bukan orang yang memberikan nasehat. Pelajaran ini penting khususnya buat anak remaja yang diwakili oleh Haru. Lihatlah saat Haru mengabaikan nasehat Baron dan Yuki, makin pelik masalah yang dia hadapi.
review animasi the cat returns

Pelajaran lainnya, gua akan mulai dari menjawab kenapa gua taruh pertanyaan di judul ini.

—wajar gak sih menerima balasan dari kebaikan yang kita perbuat?

...


Film ini menyinggung dunia nyata yang penuh balas-membalas. Lihatlah bagaimana keadaan yang selalu membalas dengan kesialan ke Haru meskipun dia berbuat baik, pihak Kerajaan Kucing yang membalas kebaikan Haru tapi Haru gak suka, Haru yang berharap hal bagus saat ke Negeri Kucing namun balasannya mengecewakan, Raja Kucing yang berharap Haru membalas dengan menikahinya tapi ditolak, dan juga Tim Kantor Urusan Kucing yang ikhlas membantu tanpa mengharapkan balasan dari Haru.
review animasi the cat returns

Untuk sekedar kewajaran, menerima balasan emang wajar. Rata-rata orang menerimanya baik secara natural maupun dengan pertimbangan. Yang membedakan adalah sikap kita atas balasan, mau penuh harap bagai kucing lucu atau mau ikhlas tanpa pamrih bagai pahlawan gagah. Dua-duanya gak salah, liat aja gimana Haru rajin berbuat baik dan ramah bahkan sejak kecil, berharap banget hidup damai tapi nyatanya kesialan yang didapat. Tapi seiring waktu berjalan, kebaikan Haru terhadap Pangeran Lune dan Yuki, dengan menyelamatkan hidup mereka berdua dari tabrakan dan kelaparan, malahan mengubah banyak keadaan. Bayangkan tanpa kebaikan Haru, mungkin gak ada Pangeran Lune dan Yuki serta keturunannya. Di akhir, Haru melihat kebahagiaan mereka merupakan balasan yang membuat Haru bersyukur. Haru meyakinkan dirinya bahwa kebaikan yang ia lakukan adalah benar, segala hal buruk dan sial yang menimpanya adalah bagian yang membuat dirinya tahu dimana ia berasal, tahu apa jati dirinya.

SPOILER END

4. VISUAL

Membahas ini, film Ghibli gak perlu diragukan. Detail bagaikan lukisan tangan dan gestur gerakan karakter jadi keunggulan. Tema penghijauan dan keindahan alam juga tersaji hangat. Detail gambar keliatan banget pas scene mengandung banyak objek barang, contohnya kamar berantakan Haru. Dan jangan lupakan scene food-porn yang jadi khas Ghibli meskipun hanya secuil. Nonton situasi ginian harus siapkan mental kuat biar perut gak meronta.

—harus hati-hati nih nonton pas bulan puasa
review animasi the cat returns

Sedangkan detail gestur gerakan karakter maksudnya gerakan yang menjadi penanda karakter. Misalnya sifat Haru yang bimbang, gestur ketika dia pergi tiba-tiba kembali lagi, padahal kalau urusan kebaikan, dia sigap. Atau Haru menjelang akhir film, gaya rambutnya lebih pendek, menunjukkan dia berubah dewasa. Khusus yang ini gua baru sadar setelah sekian kali nonton. Emang kalo urusan gestur, beda-beda persepsi penonton. Inilah yang  bikin film Ghibli mempunyai rewatch value. Baik ditonton ulang buat cari detail-detail, untuk enjoyment, bahkan untuk cari easter egg yang ada di prekuelnya Whisper of the Heart, atau di film Ghibli lainnya.

5. AUDIO
review animasi the cat returns

Segi background sound, cukup cocok dengan tema keajaiban dan misterius. Tapi sayang mudah terlupakan. Musik yang bagus dan enak dinikmati hanyalah musik ending-nya. Lantunan lagu akustik Kaze ni Naru milik Tsuji Ayano meniup telinga penonton sambil mengiringi penutup film dengan menampilkan keindahan momen flashback seakan mengajak kita untuk jangan melupakan inti cerita dan juga pesan moral tentunya.

Stream Ending :
...


Kesimpulan

Untuk ukuran film, animasi ini durasinya pendek. Namun kita masih bisa menikmati khasnya buatan Studio Ghibli seperti detail gambar bagai lukisan tangan, detail gestur, cerita asyik, dan lantunan musik yang adem. Buat pemula, cocok banget menjajal film ini. Alurnya lebih simpel dari rumitnya film-film Ghibli yang lain, malah lebih mirip cerita anak khas Disney. Bagi pencinta kucing, film ini pasti menyenangkan dan mudah dinikmati. Apalagi ceritanya cukup original dan berbeda dibanding film bertema kucing yang lain.

Mungkin agak berlebihan ya gua kasih nilai 96 dari 100. Karena gua suka segalanya dari film ini termasuk 5 aspek di atas. Kalau kalian seorang penikmat animasi, atau fans Studio Ghibli, atau pun Cat-Lovers, pasti kalian setuju sama gua.

ah masa, gua gak setuju sama lu Bang

Sebelum berpisah, kita mau kasih pesan di masa liburan saat ini,

Stay home, stay safe, stay healthy, stay alive, stay reading, stay watching, stay & pray
...


Bonus :
review animasi the cat returns

"Tujuan kita bukan mengharapkan balasan, tapi menuju hari pembalasan” ~MNA, 2020

Tulisan Merepotkan Lainnya

3 Komentar

Budayakan berkomentar meskipun itu merepotkan

blog butuh kunjungan

Keluh Kesah Pembaca

Get this in Link